Ada Lontong Pecel hingga Sate Taichan di Area Kuliner Asian Games Senayan

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Agu 2018 17:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Menonton lomba Asian Games 2018 di area Senayan memang asyik. Kalau lapar saat di GBK, bisa mampir jajan di Kuliner Asian Games.

Area kuliner ini ada di sekitar pintu 5, dekat Zona Bhin Bhin. Di sini ada sekitar 88 tenant kuliner yang siap memanjakan lidah.

Ragam makanan dan minumannya sangat beragam mulai mie ayam, nasi pecel, sate padang, tongseng, nasi goreng hingga jajanan seperti gorengan dan tempe mendoan. Para pedagang menempati tenda yang sudah ditata rapi sehingga suasananya bersih dan nyaman.
Ada Lontong Pecel hingga Sate Taichan di Area Kuliner Asian Games SenayanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Sementara untuk area makannya disediakan kursi dan meja. Jangan khawatir tersengat panas matahari karena area kuliner ini berada di bawah rimbunnya pepohonan, tentu saja ditemani semilir angin alami.

Kami mencoba beberapa makanannya seperti sate taichan dan lontong pecel. Seporsi sate taichan dibanderol dengan harga Rp 35 ribu, isinya 10 tusuk sate ayam dan lontong yang diguyur sambal super pedas.

Baca juga : 5 Resto di Senayan Ini, Cocok Buat Makan Sambil Tunggu Pembukaan Asian Games
Ada Lontong Pecel hingga Sate Taichan di Area Kuliner Asian Games SenayanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Kami sempat berbincang dengan penjualnya yang mengaku diajak berjualan ke area ini selama momen Asian Games. "Tadinya jualan di depan patung panahan tapi kan pas Asian Games nggak boleh, dipindahin, sebagian ke sini, sebagian lagi ke Senayan City," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan para penjual makanan di area ini memang merupakan pedagang gerobakan yang jualan di sekitar GBK Senayan.

Kami juga mencoba sate padang dan lontong pecel komplit, keduanya seharga Rp 30 ribu. Sate padang di sini tak berbeda dengan sate padang di tempat lain, hanya saja bumbunya terasa lebih pedas.
Ada Lontong Pecel hingga Sate Taichan di Area Kuliner Asian Games SenayanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Sementara stand pecel tampaknya jadi favorit karena stand ini ramai disambangi pembeli. Seporsi pecel bisa dihidangkan dengan nasi maupun lontong. Sayuran seperti kangkung, daun singkong, kol, tauge dan kacang panjang disajikan dengan siraman sambal kacang. Makin lengkap lagi ditambah gorengan seperti bakwan atau tempe goreng.

Untuk minuman, tak banyak pilihan di area ini hanya tersedia air mineral, es teh manis dan es jeruk yang harganya Rp 10 ribu.

Saat detikFood menyambangi area ini siang menuju sore (28/8) terlihat banyak orang yang menikmati makanan. Bukan hanya para pengunjung saja, volunteer hingga petugas keamanan juga banyak yang bersantap di sini.
Ada Lontong Pecel hingga Sate Taichan di Area Kuliner Asian Games SenayanFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Ini Pose Erick Thohir Jajan di Senayan Jelang Asian Games dan Cicip Durian

Adanya area ini memicu respon positif dari pengunjung GBK. "Bagus ya ada ini, soalnya kita kan lapar ada di sini. Kalau keluar area nanti harus beli tiket lagi Rp 10 ribu. Jadi karena ada ini kita bisa makan dulu, nanti nonton lagi," kata Rini, pengunjung yang datang dari Tangerang.

Pilihan makanan yang banyak juga memudahkan pengunjung memilih makanan sesuai selera. Area ini buka setiap hari selama Asian Games 2018 mulai pukul 11.00 hingga pukul 20.00. Kalau ke GBK jangan lupa mampir dan jajan enak di sini! (dvs/odi)