Ini Dia 8 Hidangan Indonesia Pemenang Program 'Ayo Makan'

Devi Setya - detikFood Kamis, 09 Agu 2018 15:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Jaringan Marriott International memilih 8 hidangan pemenang dalam program 'Ayo Makan.' Hidangan disajikan dengan gaya modern tetapi tetap dalam citarasa aslinya.

Program 'Ayo Makan' merupakan sebuah kompetisi antara para chef dari berbagai hotel jaringan Marriott International di Indonesia. Program ini spesial digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73.

Kompetisi ini berlangsung selama empat bulan demi mencari hidangan Nusantara yang nantinya akan disajikan pada tamu-tamu hotel jaringan Marriot International. Delapan chef pemenang ini berhasil menyajikan masakan Indonesia yang modern namun tidak meninggalkan cita rasa autentiknya.
Ini Dia 8 Hidangan Indonesia Pemenang Program 'Ayo Makan'Foto: Marriot International
Baca juga : Sambut Hari Kemerdekaan, Marriott International Suguhkan 7 Kreasi Unik Hidangan Nusantara

Berlokasi di The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta (8/8) 8 chef dari jaringan hotel Marriott International menunjukkan keahlian meracik bahan dan menyuguhikan hasil masakan mereka untuk para tamu undangan.

Para chef antusias menjelaskan dan menyajikan hidangan andalannya. "Ini tantangan bagi saya untuk menciptakan kembali hidangan Indonesia dengan mempertahankan cita rasa tradisional. Saya bangga mendapatkan kesempatan ini untuk mempromosikan hidangan lokal sebagai bagian dari warisan negara yang disajikan dengan gaya modern," kata Chef Made Aditya Purnawirawan dari Four Points Sheraton Bali, Kuta. Ia yang menyajikan Lawar Klungah & Sate Lilit.
Ini Dia 8 Hidangan Indonesia Pemenang Program 'Ayo Makan'Lawar Klungah dan sate lilit/Foto: Marriot International
Dalam kesempatan ini juga detikFood mencicipi delapan hidangan juara ini. Pada menu pembuka, ada Rujak Bumbu Petis Asinan Rumput Laut racikan Chef Syaeful Rizal, Lawar Klungah & Sate Lilit milik Chef I Made Aditya Purnawirawan dan Responsibly Sourced Tuna Acar Kuning, Cassava & Apple Puree karya Chef Ari Susanto.

Selanjutnya pada menu sup ada Soto Ayam Surabaya racikan Chef Agus Isriyanto dari JW Marriott Surabaya. Ada ikan racikan Chef Bachtiar Pebri Dwiyana dari Fairfield by Marriot Belitung yang menyajikan Gangan Ikan Ketarap.

Sementara pada menu ayam, ada hidangan Medan Karo Cipera racikan Chef Syahrur Rahim Harahap dari JW Marriott Hotel Medan. Untuk hidangan daging, Gepuk, Nasi Tutug Oncom, Bakwan Jagung milik Chef Denny Gunawan yang menjadi juara.

Ini Dia 8 Hidangan Indonesia Pemenang Program 'Ayo Makan'Es cendol yang disajikan dengan gaya modern/ Foto: Marriot International
Baca juga : Di Festival Kuliner Nusantara Ini Ada Makanan Khas dari 10 Provinsi

Dessert juga tak kalah menarik, ada es cendol racikan Chef Muhammad Dedi dari The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan yang disajikan dengan cara menarik. Kuah santan dibuat seperti es krim sementara gula merahnya dibuat 'foam' yang lembut.

Semua hidangan Nusantara ini bisa dinikmati para tamu di jaringan hotel Marriott Internasional di Indonesia mulai tanggal 12 Agustus hingga 9 September 2018. Menu akan disajikan bergantian dari seluruh hidangan yang menjadi pemenang.

(dvs/odi)