ADVERTISEMENT

Berburu Ayam Goreng Bertabur Serundeng Gurih di Pasar Baru

Devi Setya - detikFood
Jumat, 13 Jul 2018 15:13 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Ayam goreng gurih bertabur serundeng paling enak dimakan dengan nasi hangat. Ditambah sambal dan sate usus makin mantap!

Banyak orang datang ke kawasan Pasar Baru Jakarta Pusat untuk beli sepatu, baju atau alat rumah tangga. Tapi jangan salah, kawasan ini juga bisa dijadikan destinasi untuk berburu makanan enak.

Salah satu yang wajib dicoba adalah ayam goreng serundeng. Lokasi jualannya ada di kawasan Pasar Baru, dekat gedung Harco Pasar Baru, Jakarta Pusat. Jangan bayangkan kedai beratap dengan kursi dan meja makan nyaman.
Berburu Ayam Goreng Bertabur Serundeng Gurih di Pasar BaruLokasi jualan Ibu Pranata ala lesehan di emperan toko. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Yuk, Kunjungi 10 Tempat Kuliner Enak Ini Saat Berada di Pasar Baru (1)

Ayam goreng serundeng ini hanya dijajakan di emperan toko kacamata Java Optik. Meja kecil jadi penopang tampah berisi ayam goreng dan aneka sate. Penjualnya juga hanya duduk lesehan di lantai tangga toko.

Tampilan dan jenis makanananya memang sederhana, tapi kelezatan hidangannya boleh diadu.

Berbekal video yang tengah viral di media sosial, detikFood (12/7) menyambangi 'warung' ini sekaligus ingin membuktikan kelezatan ayam serundeng ini. Agak sulit menemukannya karena posisinya 'ngumpet' di belakang para pedagang kaki lima.

"Ayo sayang silahkan duduk, mau makan di sini atau dibungkus," sapa ramah ibu penjual ini saat kami datang.
Berburu Ayam Goreng Bertabur Serundeng Gurih di Pasar BaruIbu Pranata di depan ayam goreng serundeng dagangannya. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Ibu Pranata, begitu sapaan akrabnya, memang menyiapkan beberapa kursi kecil untuk para pembelinya. Kalau tak kebagian kursi, pengunjung tak segan duduk di anak tangga.

Sajian andalannya nasi putih berbungkus daun pisang dan ayam goreng yang bisa dipesan sesuai selera. Simpel memang tapi tampaknya rasa ayam goreng serundeng ini jadi idola banyak orang.

Kami memesan nasi dengan ayam serundeng. Supaya makin mantap, kami juga menjajal aneka satenya, sate usus, sate kulit dan sate paru.

Nasinya masih terasa hangat dan pulen. Ditambah aroma harum daun pisang. Ukuran nasinya kecil jadi kalau kapasitas perutnya besar bisa pesan dua hingga tiga porsi.

Saatnya mencicip si jagoan, ayam gorengnya terasa gurih dan bertekstur empuk. Dimakan bareng serundeng kelapa bikin rasanya makin gurih. Krenyes-krenyes enak!
Berburu Ayam Goreng Bertabur Serundeng Gurih di Pasar BaruNasi ayam goreng dan sate serundeng. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Apalagi Ibu Pranata juga melengkapi sajian ini dengan sambal goreng yang pedasnya nendang. Jangan lupa juga menyantap dengan sate jeroannya. Tak ada aroma amis, yang ada aroma harum gurih yang bikin pengen nambah lagi dan lagi.

Sambil menemani makan, Ibu Pranata sedikit berkisah. Ia sudah berjualan ayam goreng serundeng ini sejak 17 tahun yang lalu. Lokasinya juga tak berubah, di kawasan Pasar Baru ini.

Ia yang berjualan ditemani suaminya. "Ibu sudah lama di sini. 17 tahun. Cuma kan Ibu jualannya sore jam 04.00, nggak dari siang," kata Ibu Pranata.

Baca juga : Menikmati Makanan India Rumahan Hingga Sajian Vegetarian dalam Jelajah Pasar Baru
Berburu Ayam Goreng Bertabur Serundeng Gurih di Pasar BaruAyam goreng serundeng. Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Kurang lebih selama 30 menit kami makan, pembelinya silih berganti tak henti. Kalangan anak muda hingga orang tua mampir untuk makan di tempat maupun dibungkus.

Rasanya yang enak membuat banyak pembelinya ketagihan, sesekali Ibu Pranata ngobrol dengan pembelinya seolah sudah akrab dan jadi langganan. Apalagi harganya juga murah meriah.

Seporsi nasi hanya Rp 5.000 saja, lalu ayam goreng serundengnya Rp 15.000 dan aneka sate harganya mulai Rp 3.000 hingga Rp 8.000. Penasaran dengan rasanya? Sambangi warung Ibu Pranata yang berjualan setiap hari mulai pukul 16.00-20.00.



Tonton juga video 'Berburu Ayam Serundeng Enak di Pasar Baru' berikut ini:

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT