Serunya Belajar Masak Ayam Taliwang dan Bawa Pulang Hadiah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 12 Jul 2018 17:53 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Lombok - Pengunjung Eksploresep by Kecap ABC bisa belajar bikin ayam Taliwang bersama Chef Aga Alvian. Bonusnya bawa pulang hadiah peralatan dapur kece!

Ibu-ibu pengajian Al Mukaromah Mataram meriahkan gelaran terakhir Eksploresep by Kecap ABC di Desa Sade (12/7). Mereka antusias menyaksikan demo masak ayam Taliwang oleh Chef Aga.

Salah satu pengunjung, Ibu Fitria diajak masak oleh Chef Aga. Menurutnya resep ayam Taliwang Chef Aga mudah dibuat dan rasanya enak karena memakai kecap ABC.

Serunya Belajar Masak Ayam Taliwang dan Bawa Pulang Hadiah Foto: dokdetikFood
"Ternyata gampang resepnya dibuat. Ada beda sedikit karena pake kecap. Suka juga ditambahin kecap jadi pedes manis," kata Ibu Fitria. Ia juga sempatkan membeli Paket Kecap ABC di booth Eksploresep by Kecap ABC untuk mendapat kesempatan main games Perasan Pertama.

Ada banyak hadiah yang bisa dibawa pulang, mulai dari tempat makan, botol kecap, satu set wajan dan wadah plastik. Keberuntungan menghampiri Ibu Kenanga yang berhasil bawa pulang satu set wajan.

Serunya Belajar Masak Ayam Taliwang dan Bawa Pulang Hadiah Foto: dokdetikFood
"Ini lagi rezeki dapat satu set wajan. Tadi padahal cuma ambil satu bola. Langsung bola ini yang pertama dapet hadiah," kata ibu asal Mataram ini. Ibu Kenanga juga semangat menyimak resep ayam Taliwang ala Chef Aga.

Ia berujar, "Mau tahu apakah pakai bumbu dapur yang dibakar dulu dengan yang tidak, akan mempengaruhi rasa atau nggak." Chef Aga pun memberi tahu ia sengaja membakar kemiri dan kunyit agar mendapat sedikit rasa berbeda.

"Ada rasa-rasa kacang, nutty gitu. Itu paling ya perbedaannya. Selain itu, kalau bahan bumbu halusnya semuanya mentah, nanti makin lama juga kan matengnya," kata Chef Aga.

Serunya Belajar Masak Ayam Taliwang dan Bawa Pulang Hadiah Foto: dokdetikFood
Menurut Ibu Kenanga, rasa ayam Taliwang Chef Aga tak kalah istimewa. "Resep Chef Aga sama kayak resep ayam Taliwang biasa hanya bedanya yang ini pakai kecap ABC yang membuat makanannya berbeda. Kadang-kadang kita suka pedes, nggak pake kecap. Tapi kalau suka sedikit manis pake kecap. Ternyata enak sekalipun dibuatnya pedes, tambah kecap ABC jadi enak," katanya.

Sementara itu Ibu Dzaki juga semangat mau coba buat ayam Taliwang pedas manis ala Chef Aga di rumah. Pemakaian Kecap ABC pun jadi kuncinya.

"Memang saya di rumah pakai Kecap ABC. Kalau bikin ikan bakar atau nasi goreng pasti pakai Kecap ABC. Rasanya nggak terlalu asin, pokoknya lengkap semua bumbunya ada di sana. Makanya anak itu sering minta nasi goreng pake kecap ABC. Praktis dan enak pake telur," pungkasnya. (dwa/odi)