Cerita Seru Chef Gerry Girianza dan Aga Alvian Masak Keliling Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 12 Jul 2018 07:35 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Lombok - Chef Gerry Girianza ambil bagian dalam Eksploresep by Kecap ABC. Ia keliling Indonesia menyajikan brongkos koyor hingga ayam taliwang.

Eksploresep by Kecap ABC menjelajahi 6 kota di Indonesia. Dimulai dari Medan menyusuri Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan tiba di Lombok(11/7). Di tiap kota tersebut, Chef Gerry Girianza mengajak seorang ibu untuk membuat masakan khas dengan memakai Kecap ABC.

Ditemui detikFood (11/7), Chef Gerry mengaku dapat banyak pengalaman seru dari acara ini. "Sebenarnya yang jadi hero di acara ini bukan saya, tapi ibu-ibunya. Gimana caranya kita bisa ngirim pesan ke para ibu bahwa memasak itu nggak usah pusing," tutur Chef Gerry.
Di tiap kota yang dikunjungi, Chef Gerry berinteraksi langsung dengan para ibu, baik di pasar hingga di desa adat seperti di Lombok. Chef ramah ini menilai di tiap kota penyelenggaraan Eksploresep by Kecap ABC ada keseruan tersendiri.

"Di Medan ibu-ibunya heboh. Yogyakarta juga heboh. Pengalaman ke pasar itu seru juga. Kebanyakan kita cari bahan-bahan memasak di pasar. Melihat bahan dapur yang segar lalu memasak di tempat," lanjut Chef Gerry.

Di Lombok, ia dibantu Ibu Fiki, warga Desa Sade membuat ayam taliwang. Menurutnya ayam taliwang bisa jadi sajian praktis dan enak untuk dibuat di rumah dengan sentuhan rasa pedas manis.

Cerita Seru Chef Gerry Girianza dan Aga Alvian Masak Keliling IndonesiaFoto: detikfood

Tak jauh berbeda, Chef Aga Alvian yang mendampingi Chef Gerry dalam rangkaian Eksploresep by Kecap ABC ini merasakan keseruan yang sama. Chef bertato ini mengatakan,

"Aku belajar masakan-masakan dan nyobain makanan di setiap daerah yang bener-bener khas di daerah. Itu pengalaman seru sih buat aku."

Di Medan, ia mencontohkan, mampir ke pasar untuk bikin tahu dangdut. Sementara di Lampung ia dan tim menyajikan ikan bakar rica madu.

"Kita beli ikan sendiri karena di sana ada pasar ikan. Ikannya pakai ikan kakap putih dan merah. Jadi kita melihat langsung pelelangan ikan. Kita bangun jam 4 pagi untuk lihat pelelangan ikan," tutur Chef Aga bersemangat.

Cerita Seru Chef Gerry Girianza dan Aga Alvian Masak Keliling IndonesiaFoto: detikfood

Namun dari sekian banyak hidangan, Chef Aga menilai brongkos koyor paling istimewa. Sajian khas Yogyakarta ini menggunakan kikil sapi dan kulit melinjo sebagai bahan utamanya.

"Sejujurnya itu makanan paling rumit yang aku bikin. Setiap komponen mesti dimasak sendiri-sendiri. Itu paling ribet tapi paling enak," pungkas chef lulusan sekolah pariwisata ini.
(adr/odi)