Eksploresep by Kecap ABC Ramaikan Desa Sade dengan Sajian Ayam Taliwang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Jul 2018 15:15 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Lombok - Rangkaian acara Eksploresep by Kecap ABC kini sampai di Lombok (11/7). Chef Gerry Girianza bagikan resep ayam taliwang di desa adat Lombok ini.

Lombok jadi kota keenam yang disambangi tim Eksploresep ABC. Sebelumnya Eksploresep ABC sudah meramaikan Lampung, Medan, Jakarta, Yogyakarta dan Semarang.

Di tiap kota tersebut, Chef Gerry Girianza mengajak ibu-ibu secara acak untuk membantu memasak sajian khas. Ada ikan bakar madu di Lampung, tahu dangdut di Medan, soto daging Betawi di Jakarta, brongkos koyor di Yogyakarta dan babat gongso di Semarang.


Eksploresep by Kecap ABC Ramaikan Desa Sade dengan Sajian Ayam TaliwangFoto: Dok. detikFood

Di Lombok, ayam taliwang jadi pilihan Chef Gerry dan tim termasuk Chef Aga Alvian. "Sebisa mungkin kita menghadirkan makanan autentik dari satu kota itu," ujar Chef Aga di tengah-tengah demo masak di depan Desa Sade siang ini (11/7).

Meski begitu, Chef Gery menambahkan ada sedikit penyesuaian pada resep ayam taliwang buatannya. "Ayam taliwang kan memang pedes banget, cuma nggak semua orang Indonesia suka pedes yang pedes banget. Pakai kecap ABC rasanya jadi sedikit manis, agak balance," ujar Chef Gerry.

Saat memasak ayam taliwang, Chef Gerry ditemani seorang ibu dari Desa Sade, Ibu Fiki. Ia mengaku senang bisa diajak Chef Gerry memasak ayam taliwang dengan cara tradisional yaitu memanggang ayam taliwang di arang.

Mengajak ibu-ibu di daerah setempat untuk masak secara spontan bersama Chef Gerry memang jadi konsep utama Eksploresep by Kecap ABC. Kepada detikFood (11/7), Andita Rasyid selaku Marketing Manager Kecap ABC mengatakan antusiasme ibu-ibu begitu tinggi di tiap kota.

Eksploresep by Kecap ABC Ramaikan Desa Sade dengan Sajian Ayam TaliwangFoto: Dok. detikFood

Di Lampung, misalnya, seorang ibu bahkan mempersilakan tim Eksploresep by Kecap ABC memasak ikan bakar madu di rumahnya di tengah laut. "Seru banget karena kita benar-benar dipersilakan memasak langsung di dapurnya," ujar Andita.

Selain syuting keseruan Chef Gerry bersama para ibu, kegiatan Eksploresep by Kecap ABC mencakup demo masak di booth Kecap ABC. Chef Aga membagikan resep ayam taliwang praktis untuk dimasak di rumah.

Di booth ini pula para pengunjung bisa membeli kecap ABC dalam pilihan paket hemat. Paket A seharga Rp 15.000 dan Paket B seharga Rp 20.000. Pembelian ini termasuk bonus kesempatan ikut Games Perasan Pertama.

Eksploresep by Kecap ABC Ramaikan Desa Sade dengan Sajian Ayam TaliwangFoto: Dok. detikFood

Pengunjung bisa mengambil acak bola-bola hadiah yang beterbangan di sebuah kotak. Kalau beruntung bisa mendapat rice cooker, blender hingga magic jar.

Nah, keseruan Eskploresep by Kecap ABC di Lombok masih akan terus berlangsung hingga besok (12/7). Demo masak ayam taliwang yang praktis oleh Chef Aga pun bisa dilihat di depan Desa Sade. Bagi yang di Lombok, mampir yuk!

(lus/odi)