Ada Egg Benedict dan 'Specialty Coffee' Hangat di Kafe dari Sydney Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 02 Jul 2018 18:55 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Buka sejak 2016 di Indonesia, Toby's Estate kini membuka cabang di Grand Indonesia. Aneka kopi enak bisa dicicip dengan teknik manual brew di sini.

Para penggemar kopi pasti tak asing dengan Toby's Estate. Kafe ini didirikan Toby Smith tahun 2011 di Sydney lalu kepopulerannya merambah hingga ke New York, Singapura dan kini Indonesia.

Toby's Estate menawarkan specialty coffee sebagai menu andalan. "Pengolahan kopi diawasi dari mulai proses pertanian, roasting, hingga tersaji di tangan konsumen," jelas Terry Svenson selaku CEO Suntory Coffee International yang hadir dalam konferensi pers pembukaan Toby's Estate di Grand Indonesia (2/7).

Ada <i>Egg Benedict</i> dan 'Specialty Coffee' Hangat di Kafe dari Sydney IniAlvaro Sanchez Sedang Memeragakan Manual Brew (Foto: dok. detikFood)

Sebelumnya, gerai pertama Toby's Estate ada di PIK Avenue sejak 2016. Alvaro Sanchez selaku Master Roaster Toby's Estate Asia menjelaskan lebih lanjut soal specialty coffee. "Hanya kopi dengan grade 80 plus, dari skala 100, yang bisa disebut specialty coffee," ujar Sanchez dalam konferensi pers.

Specialty coffee di Toby's Estate berasal dari berbagai negara ternama penghasil kopi dunia termasuk Indonesia. "Ada juga kopi dari Sumatera, Jawa Barat dan Toraja," lanjut Alvaro. Ia merekomendasikan specialty coffee dinikmati dengan beragam teknik penyeduhan manual (manual brew).

Alvaro mengatakan, "Ada Chemex yang bisa dicoba untuk menghargai aroma kopi namun intensitasnya tak terlalu kuat." Ia memeragakan penyeduhan kopi La Cascada-Bernardo dari Nicaragua dengan teknik Chemex. "Butuh 15 gram kopi dan 250 ml air hangat bersuhu 94 derajat," ujarnya. Secangkir kopi beraroma fruity pun siap dinikmati.

Ada <i>Egg Benedict</i> dan 'Specialty Coffee' Hangat di Kafe dari Sydney IniEggs Benedict di Toby's Estate (Foto: dok. detikFood)

Untuk santapannya, Toby's Estate menawarkan menu brunch gaya Australia. Mulai dari Eggs Benedict, Truffle Egg and Bacon Croissant hingga Avo on Toast. Ada juga pasta, donburi dan aneka hidangan utama khas Asia yang tersedia sepanjang hari.

Mengenai pembukaan gerai ketiga di Jakarta, CEO Toby's Estate Indonesia, Imron J Kusuma berharap masyarakat bisa menghargai kopi enak. "Artinya supaya orang-orang tahu kopi apa yang sebenarnya mereka minum," ujar Imron.

Gerai Toby's Estate di Grand Indonesia berlokasi di West Mall, tepatnya di dalam area Seibu. Elemen interior klasik berwarna putih, hitam dan cokelat yang mendominasi gerai menghadirkan suasana nyaman.

(adr/odi)