6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Jun 2018 09:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Chef, penulis, dan pembawa acara Anthony Bourdain meninggal di usia 61. Kepergiannya yang mendadak, membuat banyak orang tak percaya. Termasuk para chef dunia.

Anthony Bourdain ditemukan tidak bernyawa di kamar hotelnya, yang berada di Strasbourg, Prancis, Jum'at pagi (08/06). Kepergian Anthony diduga karena bunuh diri.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak keluarga tentang penyebab kematiannya, tapi ribuan ucapan bela sungkawa mengalir dari rekan sesama chef dari belahan dunia.

Baca Juga: Gantung Diri Diduga Jadi Penyebab Anthony Bourdain Meninggal di Usia 61

Tribut dan penghormatan untuk sosok yang berpengaruh dalam dunia kuliner internasional ini terus berdatangan. Mulai dari Gordon Ramsay, Daniel Boloud, hingga Dominique Ansel mengucapkan rasa kehilangan dan duka cita mereka untuk Anthony Bourdain.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
1. Gordon Ramsay
Tidak lama berselang setelah kabar meninggalnya Anthony mengudara, celebrity chef ternama sekaligus pembawa acara, Gordon Ramsay mengucapkan ungkapan bela sungkawa untuk salah satu rekannya itu.

"Sangat terpukul dan sedih, atas kepergian Anthony Bourdain. Dia membawa 'dunia' ke rumah kita, dan menginspirasi banyak orang untuk menjelejahi budaya dan kota di seluruh dunia melalui makanan," tulis Gordon di akun Twitter resmi miliknya. Ia juga menambahkan nomor telepon untuk konseling pencegahan bunuh diri atau suicide hotline.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
2. Daniel Bouloud
"Hari ini kita kehilangan seseorang yang sangat luar biasa @anthonybourdain, seorang chef brilian yang tahu bagaimana berbicara tentang masakan menggunakan makanan, petualangan, dan budaya. Anthony merupakan seorang teman yang baik. Semangatnya untuk memasak, menulis, dan rasa laparnya untuk berpetualang sungguh menginspirasi," tulis Daniel dalam akun Instagram resmi miliknya.

"Karakternya yang penuh semangat dan kejujurannya akan selalu dikenang di industri kuliner, di seluruh dunia. Kami akan terus menghormatimu Tony, dan semoga Anda bisa beristirahat di surga. Turut berduka cita untuk keluarga dan semua orang yang berduka atas kepergiannya," lanjut Daniel dengan mengunggah fotonya bersama Anthony di Prancis.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
3. Dominique Ansel
Baker atau pembuat kue ternama asal Prancis, Dominique Ansel turut mengucapkan berduka cita atas kepergian dari pembawa acara CNN 'Parts Unknown' itu. "Dia merupakan guru dari banyak chef, seorang story teller yang brilian, dengan pemikirannya yang luar biasa untuk membuka dunia ke kita melalui makanan, dan orang-orang yang dia temui. Rest in peace, @anthonybourdain. Anda akan selalu dikenang," tulis Dominique di akun Instagram resmi miliknya, dengan foto ketika Anthony mengunjungi salah satu toko kuenya.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
4. David Chang
David Chang, seorang pengusaha restoran sekaligus pembawa acara dari program kuliner "Ugly Delicious," yang sempat beberapa kali berkerja sama dengan Anthony Bourdain, juga menunjukkan rasa terkejutnya. David mengunggah foto hitam, dengan kutipan kata-kata dari Will Oldham untuk menunjukkan rasa kehilangannya ketika mendengar kepergian Anthony. "Semoga suatu hari nanti, kita dapat menemukan kedamaian di hidup kita, bersama atau pun sendiri," tulis David di akun Instagram resminya.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
5. Jose Andres
Jose Andres merupakan seorang chef sekaligus aktivis, yang mengungkapkan rasa kehilangannya atas kepergian Anthony melalui akun Twitter miliknya.

"Temanku, aku tahu kini Anda tengah berada di sebuah kapal ferry, pergi menuju ke suatu tempat yang menakjubkan. Anda masih memiliki banyak tempat untuk ditunjukkan ke kami, melalu bisikan di jiwa kami. Dengan semua kemungkinan yang melebihi apa yang bisa kami lihat dengan mata. Anda selalu melihat keindahan di setiap orang. Anda akan selalu bersama saya," kenang Jose.
6 Chef Ternama di Dunia Ungkapkan Duka Kepergian Anthony Bourdain
6. Yotam Ottolenghi
Chef kenamaan asal London, Yotam Ottolenghi juga mengucapkan rasa bela sungkawanya. Sekaligus mengingat kembali perjalanannya dengan Anthony, saat mengunjungi Jerusalem di tahun 2013 lalu.

"Menjelaskan Jerusalem ke @Anthonybourdain di tahun 2013. Sangat terkejut mendengar kabar tentang kepergiannya. Anthony merupakan seorang petualang juga story teller yang brilian. Sebuah kehilangan yang mendalam, dari kepergian seseorang yang telah membentuk, dan mengubah cara kita menulis tentang makanan. Sangat menyedihkan," tulis Yotam dalam akun Instagramnya.

Baca Juga: K.F Seetoh dan William Wongso Berduka Atas Kepergian Anthony Bourdain

Tonton juga 'Duka Barack Obama dan Donald Trump untuk Anthony Bourdain':

[Gambas:Video 20detik]



(sob/odi)