ADVERTISEMENT

Ini Nasihat Jokowi Buat Kaesang Dalam Menjalankan Bisnis Sang Pisang

Solihin Farhan - detikFood
Sabtu, 28 Apr 2018 23:40 WIB
Foto: Solihin Farhan/detikcom
Bogor - Sejak gerai Sang Pisang perdana dibuka di Jakarta November lalu, kini sudah ada 17 gerai di berbagai kota. Apa saja yang jadi pedoman Kaesang dalam berbisnis?

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo membuka gerai Sang Pisang ke-17 di Kota Bogor, Sabtu (28/24/2018). Bermitra dengan temannya, Kaesang dengan cepat memperluas jaringan gerai Sang Pisang. Dalam menjalankan bisnisnya yang kian meluas itu, Kaesang selalu mengingat nasihat sang ayah, Presiden Joko Widodo.

"Nasihat bapak, harus tetep semangat, harus tanggungjawab juga, karena kan kita ngelayanin konsumen, biar seneng. Dan jaga kualitas dari Sang Pisang itu sendiri," ungkap Kaesang tentang nasihat sang bapak.


Ini Nasihat Jokowi Buat Kaesang Dalam Menjalankan Bisnis Sang PisangFoto: Solihin Farhan/detikcom

Setelah meresmikan gerai Sang Pisang ke-16 di Bali, Kaesang dan mitranya memilih Kota Bogor sebagai lokasi gerai Sang Pisang yang ke-17.

Berada di lantai lower ground Mall Botani Squere, gerai Sang Pisang ke-17 diresmikan pada Sabtu (28/4/2018) sore. Kehadiran gerai yang menyediakan aneka rasa nugget pisang disambut antusias warga. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang rela antre untuk membeli Sang Pisang.

Gerai yang berada di lantai lower ground mall Botani Squere tersebut makin ramai hingga malm hari. "Alhamdulillah, saya bersyukur Sang Pisang diterima di Kota Bogor. Harapan saya semakin banyak orang yang menikmati, target saya bisa tambah 3 atau 4 gerai lagi di Kota Bogor," kata Kaesang, usai meresmikan Gerai Sang Pisang ke-17 di Kota Bogor.

Ini Nasihat Jokowi Buat Kaesang Dalam Menjalankan Bisnis Sang PisangFoto: Solihin Farhan/detikcom

Kaesang menjadikan pisang sebagai pilihan bisnisnya, karena menurutnya pisang adalah buah yang tidak memiliki musim dan mudah didapat dimana saja di Indonesia.

"Pisang itu kan engga musiman ya, saya bisa jual setiap hari,dan pisang itu juga gampang didapat, di Lampung, Kalimantan, Lumajang, Flores, ada semua. Semua bagian di Indonesia itu kan banyak pisang," jelas Kaesang yang malam ini membalut kaos hitamnya dengan jaket.

Meski demikian, menurutnya, tidak semua pisang dapat diolah jadi nugget pisang Sang Pisang. Namun, Kaesang enggan menyebut pisang jenis apa yang menjadi bahan dasar olahan di gerai Sang Pisang. "Itu rahasia dapur," jawabnya singkat.

Ini Nasihat Jokowi Buat Kaesang Dalam Menjalankan Bisnis Sang PisangFoto: Solihin Farhan/detikcom

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga memberikan motivasi agar generasi muda tetap semangat dan tidak mudah menyerah, terutama dalam menjalan bisnis. "Pesan saya kalau mau buka usaha, ya buka saja. Kalau gagal, coba lagi, gagal, coba lagi sampai berhasil," katanya. (odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT