Jajanan Murah Meriah

Di BKT Jakarta Timur Ada Yakitori, Telur Gulung hingga Seafood Lezat

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Apr 2018 18:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah
Jakarta - Mau jajan enak dan murah meriah, cobalah datang ke kawasan BKT, Jakarta Timur. Di sepanjang jalan ada jajanan murah yang siap dijelajahi.

Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT) sudah lama dikenal sebagai surganya kuliner murah dan enak. Banyak makanan yang bisa dicicip di sini, mulai dari camilan hingga makanan berat.

Para pedagang makanan ini mulai berjualan lepas maghrib sampai tengah malam. Kami menyambangi kawasan BKT sekitar pukul 19.00dan semua pedagang makanan sudah siap menjamu para pembeli dengan makanan yang ditawarkan.

Sajiannya sangat beragam mulai dari cilok, cireng, seblak, mie ayam, kerang, telur gulung, tahu gejrot hingga yakitori gaya kaki lima.
Di BKT Jakarta Timur Ada Yakitori, Telur Gulung hingga Seafood LezatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : 10 Jajanan Pedas Nendang yang Harganya Super Murah

Tepat di pinggir jalan dekat Jalan Pondok Bambu, Jakarta Timur mata kami langsung tertuju pada stand sederhana yang menjual yakitori kaki lima. Berbagai makanan beku yang ditusuk ini bisa dipilih sesuai selera.

Beberapa pilihannya ada bakso ikan, bakso ayam, bakso udang, sosis, crab stick, chicken nugget, sosis gulung mie dan sebagainya. Jajanan ini dibanderol mulai harga Rp 2.500 hingga Rp 10.000.
Di BKT Jakarta Timur Ada Yakitori, Telur Gulung hingga Seafood LezatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Teknik masaknya boleh pilih mau dibakar ataupun digoreng. Saat sudah matang, yakitori disajikan dengan saus pedas dan mayones.

Di kios jajanan berikutnya, ada tahu gejrot enak yang biasa mangkal hingga pukul 02.00dini hari. Seporsi tahu gejrot ini harganya Rp 7.000. Agak mahal memang namun porsinya lumayan besar.

Kalau mau makan tahu gejrot di lokasi, pedagang menyediakan tempat duduk lesehan. Bisa makan tahu gejrot sambil menikmati suasana malam kali BKT dan kendaraan yang lalu lalang.

Melipir lagi ke sisi jalanan di pinggir BKT, kami mencoba jajanan jadul yang disukai banyak orang yakni telur gulung. Jika biasanya telur gulung dimasak dengan minyak banyak maka telur gulung yang ini berbeda.
Di BKT Jakarta Timur Ada Yakitori, Telur Gulung hingga Seafood LezatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Bukan menggunakan penggorengan melainkan menggunakan wajan datar alumunium layaknya ala teppanyaki. Telur dimasukkan dalam botol air mineral kemudian disemprotkan ke wajan. Saat setengah matang, penjual menyelipkan sebilah lidi dan menggulungnya.

Meskipun cara memasaknya beda tapi bentuk dan sensasi rasanya tetap sama. Telur gulung makin mantap dilengkapi dengan bubuk cabai dan saus sambal. Harganya cukup Rp 1.000 per gulung.

Eiits, jajanan khas BKT yang tak boleh terlewat adalah kerang dan seafood BKT. Pedagangnya menjual makanan ini menggunakan gerobak.
Ada banyak gerobak berjajar, tinggal pilih saja mana yang paling menarik perhatian.

Seafood ala kaki lima ini menjual berbagai makanan laut mulai kerang hijau, kerang dara, udang hingga kepiting.

Semua seafood yang dipajang dalam gerobak kaca ini sudah direbus hingga matang. Namun saat ada yang memesan, seafood baru dibumbui.

Ada dua pilihan bumbu yang bisa dipilih yakni bumbu kuning dan bumbu pedas. Orang paling banyak memesan bumbu pedas karena rasanya nendang. Level pedasnya juga bisa dipilih sedang, pedas atau sangat pedas.

Seporsi seafood ini dibanderol dengan harga beragam mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 25.000 tergantung jenis seafood dan ukurannya.
Di BKT Jakarta Timur Ada Yakitori, Telur Gulung hingga Seafood LezatFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Nyam! Ini 10 Jajanan Manis yang Murah Meriah, Harganya Rp 5.000

Oia makan seafood ini paling enak di pinggir kali BKT. Rata-rata penjualnya menggelar tikar sebagai tempat makan tepat di pinggir BKT.

Mau makanan berat? Ada juga pilihannya seperti soto, ayam penyet, ayam bakar, mie ayam hingga ketoprak. Makanan-makanan berat ini dibanderol dengan harga tak lebih dari Rp 20.000.

Tertarik jajan di kawasan BKT? Pasar kuliner dadakan ini buka setiap hari usai maghrib hingga dini hari. Jika datang pada akhir pekan, siap-siap untuk berdesakan ya.

Karena banyak makanan enak dan murah, pastikan datang dengan perut kosong dan membawa uang cash. Selamat berburu makanan murah meriah!

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Murah Meriah