Ke Garut, Wajib Cicip Sate Hingga Bakso Tahu Dombrut yang Empuk dari Domba Muda

Hakim Ghani - detikFood Sabtu, 31 Mar 2018 07:23 WIB
Foto: Hakim Ghani Foto: Hakim Ghani
Garut - Garut jadi salah satu kota wisata yang kerap diserbu wisatawan tiap kali musim liburan tiba. Kalau ke Garut, ciciplah sajian domba yang satu ini. Dijamin enak!

Beberapa rumah makan di Garut menyediakan menu yang terbilang baru. Sate dombrut adalah salah satunya. Jangan khawatir ketika ingin mencoba sate dari domba Garut yang dikenal sebagai domba petarung ini.

Sate dombrut yang ini memiliki tekstur yang empuk dan juga juicy. Dombrut yang dipilih adalah dombrut berusia di bawah lima bulan, cara penyajiannya pun tak sembarangan. Dalam setiap tusukannya, diisi daging semua alias tidak menggunakan lemak.

Daging dombrut yang telah ditusuk itu kemudian dilumuri rempah-rempah dan kecap kemudian dibakar di bara api yang tidak terlalu menyala atau yang disebut masyarakat Garut dengan sebutan teknik ganggang.

Ke Garut, Wajib Cicip Sate Hingga Bakso Dombrut yang Empuk dari Daging Domba MudaSate dombrut khas garut. Foto: Hakim Ghani

Setelah dibakar sekitar 15 menit, sate dombrut kemudian dihidangkan di atas hotplate. Ada dua saus yang biasanya menemani sate dombrut ketika dimakan yaitu saus kacang atau saus kecap yang dipadukan dengan irisan cabai merah dan bawang. Seporsi sate dombrut berisikan 10 tusuk dihargai hanya sekitar 60 ribu rupiah.

Selain itu, ada juga steak dombrut. Sama halnya dengan sate dombrut, daging yang dijadikan steak pun adalah daging dombrut yang berusia di bawah lima bulan, yang membuat steak empuk ketika digigit.

Daging dombrut yang telah dipilih juga dibakar menggunakan teknik ganggang. Steak dihidangkan di atas hotplate dipadu dengan kentang goreng dan beberapa sayuran. Sebagai pelengkap, steak dilumuri saus tomat. Sama halnya dengan sate dombrut, steak dombrut ini bisa dinikmati dengan harga 60 ribu rupiah.

Ke Garut, Wajib Cicip Sate Hingga Bakso Dombrut yang Empuk dari Daging Domba MudaSteak dombrut yang menggunakan daging domba di bawah lima bulan. Foto: Hakim Ghani

Dua menu itu bisa dinikmati di beberapa rumah makan atau restoran yang ada di Garut, salah satunya di rumah makan Domba House yang terletak di Jalan Pataruman nomor 1B, Tarogong Kidul, Garut. Sekitar 2 kilometer dari kawasan objek wisata pemandian air panas Cipanas. Warung Domba House buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Jika bosan dengan dua menu di atas, wisatawan juga bisa memilih olahan dombrut lainnya. Ada menu olahan dombrut yang unik lainnya yaitu bakso tahu dombrut.

Belum semua masyarakat termasuk warga Garut yang tau ada menu ini. Menu yang istimewa ini juga tidak dijual di sembarang tempat.

Bakso tahu dan siomay yang biasanya terbuat dari olahan ikan tenggiri itu diganti dengan daging dombrut. Uniknya, olahan bakso tahu dan siomay dari daging dombrut ini tidak mengeluarkan bau amis.

Ke Garut, Wajib Cicip Sate Hingga Bakso Dombrut yang Empuk dari Daging Domba MudaBakso tahu dombrut. Foto: Hakim Ghani

Paduan antara tahu dan bakso yang terbuat dari daging domba menciptakan sensi baru saat dimakan. Perpaduan bakso tahu dan siomay dobrut dengan saus kacang dan kecap yang ditaburi jeruk nipis membuat rasanya semakin lezat.

Agus Ilen, pencipta menu bakso tahu dombrut ini menjelaskan jika awalnya ia ingin menciptakan menu baru dari olahan dombrut yang memiliki cita rasa yang khas.

Ke Garut, Wajib Cicip Sate Hingga Bakso Tahu Dombrut yang Empuk dari Domba MudaFoto: Hakim Ghani

"Awalnya saya jualan bakso tahu biasa, tapi saya coba olahan bakso dan siomay itu menggunakan daging domba. Ternyata banyak masyarakat yang suka," kata Agus kepada detikcom, Jumat (30/03/2018).

Agus menjual bakso tahu dan siomay dombrut ini menggunakan mobil pikap miliknya yang setiap hari mejeng di kawasan Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota. Atau tepatnya di depan gedung Intan Business Center (IBC). Untuk menikmati seporsi bakso tahu dombrut olahan Agus hanya perlu merogoh kocek 15 ribu rupiah.



Tonton juga hidangan sate domba Garut yang empuk dan juicy berikut ini:


(lus/odi)