Sup Ikan hingga Udang Berbumbu Sichuan Autentik Ada di Resto Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Mar 2018 13:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - JIA di Shangri-La Hotel, Jakarta memperkenalkan menu terbarunya. Berupa olahan 'Sichuan Spices' yang ditawarkan dalam waktu terbatas.

Secara khusus, Chef Rick Du dari Shangri-La Hotel, Senyang, China datang untuk menyajikan makanan berbumbu Sichuan autentik. Menurutnya, masyarakat di Provinsi Sichuan setiap hari menyantap masakan berbahan Sichuan peppercorn yang pedas khas ini.

"Bumbu utamanya Sichuan peppercorn, cabai merah kering dan minyak," ujar Chef Rick saat berbincang dengan detikFood (22/3). Menurutnya, yang diolah dengan bumbu Sichuan ini bisa apa saja seperti daging ayam, sapi, ikan maupun udang.

Sup Ikan hingga Udang Berbumbu Sichuan Autentik Ada di Resto IniLada Sichuan Merah, Hijau dan Cabai Merah Kering (Foto: dok. detikFood)

Soal rasa, masakan Sichuan memiliki kombinasi cita rasa asam, pedas, gurih, panas dan aromanya khas. Ini berasal dari penggunaan Sichuan peppercorn atau lada Sichuan hijau dan merah. "Yang hijau untuk memberi aroma, sedangkan lada Sichuan merah untuk menghadirkan rasa menggigit yang khas," jelas Chef Rick.

Ada sekitar 10 menu Sichuan yang dibuat Chef Rick di JIA. Sebagai pembuka, tersaji Sichuan Hot and Sour Soup with Fish Maw. Sup kental dengan isian tahu, jamur dan perut ikan yang pedas dan asam. Rasa asam berasal dari cuka hitam yang khas dari China.

Sichuan Style Grouper Fish Soup paling menarik perhatian. Dalam pot besar tersaji sup ikan kerapu dengan cabai kering dan lada Sichuan yang amat banyak. Bukan seperti sup pada umumnya, kuahnya seperti minyak cabai.

Sup Ikan hingga Udang Berbumbu Sichuan Autentik Ada di Resto IniSup Ikan Sichuan (Foto: dok. detikFood)

Fillet ikan kerapu yang lembut gurih terselip diantaranya. Menyantap sup ini seperti membuat lidah kebas dan getir. Ini merupakan sensasi khas yang muncul usai menyantap banyak lada Sichuan. "Orang Sichuan menyantap makanan seperti ini tiap hari. Rasa pedas dan hangatnya mampu menangkal cuaca dingin," jelas Chef Rick.

Daging sapi dengan bumbu Sichuan juga tak kalah pedas. Hanya saja rasa asamnya tak terlalu kuat. Kalau mau yang agak ringan, udang merah berbalut bumbu Sichuan bisa dicoba. Pendampingnya pok choy yang renyah segar.

Untuk sajian yang manis, Chef Rick menyediakan Abalone Mushroom in Fragrant Spicy Roast Sauce. Meski namanya spicy, jamur abalone berbumbu cokelat ini rasanya lebih manis.

Sup Ikan hingga Udang Berbumbu Sichuan Autentik Ada di Resto IniJamur Abalone dengan Bumbu Sichuan (Foto: dok. detikFood)

Chef Rick juga menyajikan Sichuan Sesame Spare Ribs with Sweet and Sour Sauce, Sichuan Pepper Beef Tendon, Sichuan Stewed Beef Brisket with Spicy Dumpling serta menu sayuran Chilled Spring Water Okra di JIA. Untuk lada Sichuan dan cabai kering, Chef Rick membawanya langsung dari China.

Rick Du sudah berkarir lebih dari 20 tahun sebagai chef. Keahliannya adalah mengolah masakan Kanton dan Sichuan.

Menu Sichuan di JIA tersedia secara a la carte untuk santap siang dari pukul 11.30 hingga 14.30. Sementara untuk santap malam dari pukul 18.00 hingga 22.30.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan tempat, tamu dapat menghubungi (62 21) 2922 9999 atau kirim email ke jia.slj@shangri-la.com.

(adr/odi)
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya