Menu Natal dan Tahun Baru

Padukan Racikan Indonesia dan Barat, Chef Australia Ini Bikin Kalkun Betutu

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Des 2017 18:30 WIB
Foto: Lusiana Mustinda
Jakarta - Kalkun identik dengan menu Natal di negara Barat. Namun, chef asal Australia, Cameron Gardiner meracik kalkun dengan rempah Indonesia yaitu Kalkun Betutu.

Tanggal 25 Desember, jadi tanggal spesial bagi umat Kristiani. Di hari Natal, semua keluarga berkumpul untuk menikmati sajian makanan yang nikmat. Ada banyak makanan yang tak pernah ketinggalan disajikan saat Natal di beberapa negara. Sebut saja, di negara Barat yang biasanya menyajikan kalkun panggang untuk dinikmati bersama keluarga besar.

Baca juga: Yang Lezat di Hari Natal, Ada Kalkun hingga Ragam Kue Cantik!

Chef Cameron Gardiner sajikan hidangan spesial khusus Natal.Chef Cameron Gardiner sajikan hidangan spesial khusus Natal. Foto: Lusiana Mustinda

Berasal dari Australia, Chef Cameron Gardiner, Executive Chef di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta bercerita mengenai perayaan Natal di Australia. "Natal di Australia jatuh pada musim panas. Kebanyakan orang menikmati sajian seafood, makanan segar dan memasak makanan bersama di luar. Kita suka menikmati pantai dan kumpul bersama keluarga," jelas Gardiner kepada detikFood (20/12).

Menyambut Natal tahun ini, Hotel Pullman Thamrin menyajikan beragam hidangan enak. Tidak hanya sajikan hidangan Barat, tetapi juga Indonesia, Jepang dan China. Salah satu yang bisa Anda coba yakni Roasted Turkey, Turkey Betutu, Fried Tofu Chili Garlic dan juga Ebi Tempura.

"Ukuran kalkunnya cukup besar, beratnya sekitar 4 Kg. Ada dua pilihan racikan yaitu bergaya Barat dan juga dengan sentuhan Indonesia. Proses memasaknya cukup lama yaitu sekitar 5 jam agar rasa dan teksturnya enak," jelas Gardiner.

Roasted Turkey.Roasted Turkey. Foto: Lusiana Mustinda

Roasted Turkey atau Kalkun Panggang disajikan lengkap bersama dengan potongan ubi panggang dengan madu, mashed potato, cranberry sauce, rosemary sauce dan juga beberapa tumis buncis dan brussel spourt. Gardiner menjelaskan bahwa ia memasak dengan teknik slow cooking dan memberi sedikit mentega dibagian kulit kalkun agar tampilannya lebih bagus dan tekstur luarnya crunchy.

"Kalkun diisi dengan campuran foie gras dan juga apel," Ungkap penggemar sop buntut bakar ini.

Berbeda dengan Roasted Turkey, Gardiner juga membuat sajian kalkun tak biasa. Kalkun Betutu ini diracik dengan beragam rempah khas Bali seperti kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih dan juga cabai. Berbicara soal proses memasak, Gardiner mengatakan hampir sama dengan betutu pada umumnya.

Kalkun Betutu yang diracik dengan rempah Indonesia.Kalkun Betutu yang diracik dengan rempah Indonesia. Foto: Lusiana Mustinda

"Kalau betutu biasanya dimasak di bawah tanah secara tradisional dengan balutan daun pisang. Saya meraciknya tetap dengan balutan daun pisang namun dipanggang dengan oven. Ditambah dengan isian daun singkong," jelas chef ramah ini.

Kalkun Betutu disajikan dengan berbagai jenis sambal. Ada sambal mangga, dabu-dabu, sambal ijo, sambal matah serta sambal matah plus kecombrang. Wah, makin enak dicocol bersama dengan nasi.

Tofu dengan paduan cabai dan bawang putih goreng.Tofu dengan paduan cabai dan bawang putih goreng. Foto: Lusiana Mustinda

Selain kalkun, di sini Anda juga bisa mencicip sajian lezat dari dataran China dan juga Jepang. Ada Tahu goreng dengan paduan cabai dan cincangan bawang putih goreng. Serta udang tempura yang enak dicocol dengan shoyu.

Pavlova, dessert khas Australia.Pavlova, dessert khas Australia. Foto: Lusiana Mustinda

Tutup santapan nikmat ini dengan pavlova yang merupakan dessert khas Australia. "Saya sangat suka dengan pavlova. Pavlova ini dibuat dengan soft meringue, whipped cream, berry dan juga marshmallow," pungkasnya.

Baca juga: Ini Makanan yang Disantap Jennifer Lopez hingga Selena Gomez Saat Natal!


(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com