Contek Trik Cerdas Widi Mulia Agar Anak Doyan Makan Sayur

Devi Setya - detikFood Minggu, 10 Des 2017 14:45 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Hampir sebagian besar anak tak doyan sayuran. Beragam cara dilakukan agar Anak mau melahap sayuran. Para bunda harus punya trik khusus.

Ditemui di Jakarta belum lama ini, penyanyi berdarah Sunda, Widi Mulia, membagikan tips dan trik yang dilakukan agar anak-anaknya mau menyantap sayuran. Ia memberikan selingan makanan favorit jika anak-anak sudah menghabiskan sayurannya.

"Saya kasih semacam reward ya. Pas sarapan misalnya keluarin menu salad lalu bilang, habiskan dalam waktu 10 menit nanti mama kasih mac and cheese. Gitu, pasti anak-anak semangat makannya," kata ibu beranak 3 ini.

Contek Trik Cerdas Widi Mulia Agar Anak Doyan Makan SayurFoto: dok. detikFood
Widi juga mengatakan kebiasaan makan sayur harus dimulai dari keluarga inti. Orang tua harus mencontohkan lewat kegiatan harian. "Kalau mau anaknya doyan sayur ya orang tuanya harus makan sayur tiap hari. Jangan orang tuanya ogah makan sayur lalu maksa anak doyan sayur. Anak-anak itu pencontoh yang baik," lanjut Widi.

Pastikan anak mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dengan porsi yang sesuai. Jika dilakukan dengan rutin maka anak akan terbiasa dan kebiasaan ini jadi hal positif yang akan dibawa hingga dewasa.

Selain memberikan reward, Widi juga kerap melakukan trik lain yakni dengan menyembunyikan sayuran. "Bikin makanan favoritnya tapi diselipkan sayuran atau buah. Misalnya smoothie, dikasih sedikit pumpkin atau sayuran lainnya. Supaya anak enggak curiga, pilih buah dan sayuran yang warnanya senada," lanjut Widi.

Wanita ramah ini mengatakan inti dari semuanya adalah ibu mau memasak sendiri di rumah. Anak-anak akan terkesan saat menyantap makanan hasil olahan ibunya. "Sekalian masak sesekali ajak Si Kecil masak bersama. Itu akan jadi eksperience juga buat dia dan sekalian bisa quality time bareng anak," pungkas Widi. (dwa/odi)