Peking Duck Cooking Class

Rahasia Bikin 'Beijing Style Chicken' Juga Diberikan Chef Yuan

Devi Setya Lestari - detikFood Sabtu, 02 Des 2017 18:34 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Selain bebek panggang, Beijing juga punya ayam goreng yang crunchy gurih. Bikinnya gampang karena triknya juga dibagikan oleh chef Yuan.

Usai memperagakan sup pedas asam khas China, chef Yuan memberikan resep ayam goreng. Chef Yuan Chaoying dari Beijing juga memberikan resep ayam goreng andalannya, Beijing Style Chicken.

Sebelum mulai memasak, Chef Yuan menjelaskan tentang daging ayam yang dipakai. Daging ayam yang direkomendasikan adalah bagian paha tanpa kulit dan tulang. Karena daging paha ayam teksturnya kenyal dengan sedikit lemak sehingga lebih gurih rasanya.

Sementara bumbunya terdiri dari kacang walnut, sweet soya paste, air jahe, garam dan putih telur. Ayam dipotong-potong kecil ini kemudian diberi taburan garam dan Chinese white wine agar aromanya lebih gurih.

Rahasia Bikin 'Beijing Style Chicken' Juga Diberikan Chef Yuan Foto: iStock

Sebelum dimasak, ayam dibalut dengan putih telur agar dagingnya tetap lembap. Selanjutnya ditaburi tepung maizena agar saat digoreng lebih renyah. "Tambahkan juga minyak sayur pada ayam agar tidak lengket dan menempel satu sama lain," kata Chef Yuan di sela-sela mendemokan masakannya.

Ayam ini kemudian digoreng hingga permukaannya matang dan garing. Bumbu yang terdiri darisweet soya paste dan air jahe dipanaskan dan diaduk dengan ayam dan walnut. Jika tidak ada walnut bisa diganti kacang mete.

Karena ciri khas masakan ini dominan dengan rasa manis maka Chef Yuan juga menambahkan gula pasir untuk rasa yang lebih mantap. Ayampun jadi kecokelat mengilap. Aromanya gurih manis dan sedap! Aroma sup dan ayam yang dibuat sejak pagi sudah menggoda selera peserta. Lalu, apa komentar mereka dengan cooking class ini?

Rahasia Bikin 'Beijing Style Chicken' Juga Diberikan Chef Yuan Foto: detikfood

"Sangat bagus cooking class begini, sangat menarik, saya selalu ikut setiap acara cooking class. Jadi tahu bagaimana bikin bebek Peking. Kalau nyoba di rumah kayaknya susah tapi mau coba bikin Beijing style chicken," kata Alfrida Piquet.

Hal senada juga dilontarkan Rully, peserta cooking class yang juga seorang pebisnis kuliner. Rully bahkan berencana menjadikan masakan cooking class kali ini sebagai salah satu menu di bisnis kateringnya.

Rahasia Bikin 'Beijing Style Chicken' Juga Diberikan Chef Yuan Foto: detikfood

"Bermanfaat sekali, tadi dapat resepnya dan pasti akan saya buat jadi salah satu menu di katering saya. Kalau ada kegiatan begini lagi saya pasti ikut," pungkas Rully ditutup senyum.

Acara cooking class ditutup dengan makan sing dengan menu bebek Peking Beijing style dan hidangan andalan JIA restaurant lainnya. Peserta juga dapat diskon khusus kalau mau beli bebek Peking bikinan chef Yuan. Wah, asyiknya! (odi/odi)