Peking Duck Cooking Class

Ini Cara Bikin Momo Pancake untuk Bebek Peking yang Empuk Lembut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 02 Des 2017 14:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Momo pancake jadi pelengkap wajib untuk menikmati bebek Peking. Lembaran pancake yang lembut empuk ini gampang dibuat sendiri.

Chef Yuan dibantu tim chef JIA Restaurant juga membeberkan trik bikin momo pancake atau panekuk. Lembaran pancake yang kenyal lembut ini membalut potongan bebek Peking bersama mentimun, daun bawang dan saus hoisin saat dinikmati.

Bahan utama pancake antara lain tepung Singapura, tepung maizena, tepung terigu khusus mie, minyak sayur, air dan garam. Tepung Singapura dipilih karena tinggi protein sehingga lembaran pancake lebih elastis nantinya.

Ini Cara Bikin Momo Pancake untuk Bebek Peking yang Empuk LembutFoto: detikfood

Chef Yuan juga menggunakan mentega putih untuk campuran tepung nantinya. Mentega ini perlu dilelehkan dengan air mendidih dahulu. Pertama, seluruh tepung dicampur rata kecuali air dan minyak. Selanjutnya campuran air dan mentega dimasukkan ke bahan kering tersebut. Diikuti minyak, aduk semua adonan hingga kalis.

Setelah itu, potong-potong adonan seberat sekitar 10 gram. Adonan lalu dipipihkan dengan rolling pin hingga tipis. Semakin tipis, semakin baik. Jika adonan sudah bulat sempurna, panggang di atas pan sebentar.

Ini Cara Bikin Momo Pancake untuk Bebek Peking yang Empuk LembutFoto: detikfood

"Tujuannya supaya bagian luarnya crispy," tutur Chef Then Boon Heng dari JIA Restaurant. Ini bukanlah langkah terakhir. Lembaran pancake perlu dikukus lagi sebelum disajikan sebagai pelengkap bebek Peking.

Menikmati bebek Peking bersama momo pancake ada triknya. Chef Then mengatakan, "Celupkan irisan daging dan kulit bebek Peking ke dalam saus hoisin dengan sumpit. Lalu taruh di atas lembaran pancake. Selanjutnya ratakan saus, tambahkan mentimun dan daun bawang sebagai pelengkap.

Ini Cara Bikin Momo Pancake untuk Bebek Peking yang Empuk LembutFoto: detikfood

Kemudian gulung pancake dan bebek Peking siap disantap. Paling enak menyantapnya langsung dengan tangan.Nyam! (adr/odi)