Kuliner Pusaka Bondan Winarno Hadir Kembali

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 07:18 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak karya dan jasa untuk kuliner Indonesia yang ditinggalkan oleh Bondan Winarno. Di antaranya catatan tentang kuliner pusaka Indonesia.

Berkeliling ke berbagai daerah, lebih dari 5.000 tempat bukan hal yang mudah. Tetapi bagi seorang Bondan Winarno dinikmati sebagai sarana belajar mengenal kuliner lokal secara lebih intens.

Dari perjalanannya ke berbagai daerah di Indonesia, almarhum Bondan Winarno yang saat itu (tahun 2010) menjadi salah seorang Komisaris Detikcom menyatakan kekhawatirannya memikirkan begitu banyak kuliner lokal yang terancam punah jika tak ada yang meneruskan.

Hal ini terutama karena banyak penjual makanan lokal yang tak punya generasi penerus. Anak-anak mereka memilih bekerja di sektor lain setelah lulus dari pendidikan tinggi yang dibiayai dengan jualan makanan lokal.

Baca Juga : 100 Maknyus, Warisan Kuliner dari Bondan Winarno yang Berharga

Kuliner Pusaka Bondan Winarno Hadir KembaliFoto: Istimewa

Karenanya Bondan Winarno berdiskusi dengan detikfood untuk mencari solusi. Mendokumentasikan dan menyebarluaskan pengetahuan tentang makanan lokal yang ikonik dan langka. Jadilah kami membuat sub kanal 'Kuliner Pusaka Indonesia'. Secara rutin seminggu sekali beliau menuliskan kisah dan pengalamannya mencicipi aneka hidangan lokal. Dari Sie Reboh hingga Ayam Masak di Buluh.

Gaya penuturan yang santai, penuh detil dan nuansa budaya membuat tulisannya enak dibaca, informatif sekaligus inspiratif. Karenanya detiikfood memutuskan mulai hari ini mengunggah kembali tulisan Bondan Winarno dalam 'Kuliner Pusaka Bondan Winarno' agar pembaca bisa menikmati informasi kuliner dari almarhum.

Selamat jalan Pak Bondan! Salam Maknyus! (odi/odi)