Salmon hingga Herring Segar dari Norwegia Ada di Seafood Extravaganza 2017

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 18 Nov 2017 12:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Semalam Indonesia Norway Business Council (INBC) menggelar Seafood Extravaganza 2017. Lebih dari 1 ton seafood segar diimpor dari Norwegia untuk dijadikan hidangan enak.

Bertempat di Fairmont Jakarta (17/11), Seafood Extravaganza 2017 dibuka oleh Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, HE Mr Vegard Kaale. Ia mengatakan acara ini digelar agar perwakilan Indonesia dan Norwegia bisa berkumpul bersama dan menikmati hidangan seafood segar dari Norwegia.

Mr Vegard menambahkan, "Semua seafood dijamin fresh karena dikirim langsung dari Oslo ke Jakarta." Turut hadir Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi yang bersama Mr Vegard memotong ikan segar sebagai tanda dimulainya acara.

Salmon hingga Herring Segar dari Norwegia Ada di Seafood Extravaganza 2017Acara Pembukaan Seafood Extravaganza 2017 (Foto: dok. detikFood)

Baca Juga: Inilah Keunggulan Salmon Norwegia Segar

Sementara itu Per Fredrik Ecker selaku Ketua INBC mengatakan 2017 adalah tahun keenam terselenggaranya Seafood Extravaganza. Menurutnya, Indonesia jadi salah satu pasar potensial bagi industri perikanan Norwegia. Karenanya Seafood Extravaganza 2017 mengangkat tema "Bringing Seafood Lovers Closer."

Ada lebih dari 1 ton seafood segar yang didatangkan dari Norwegia. INBC juga mengundang top chef Norwegia yang restorannya mendapat bintang Michelin, Magnus Nilsson untuk mengolah seafood segar tersebut jadi 50 hidangan enak.

Ditemui detikFood, chef Magnus menyarankan tamu mencicip salad ikan herring segar sebagai menu pembuka. Lembaran ikan herring berwarna ungu gelap bertekstur mirip daging sapi ini menghadirkan rasa ikan yang kuat.

Salmon hingga Herring Segar dari Norwegia Ada di Seafood Extravaganza 2017Lembaran Ikan Herring yang Cocok Dijadikan Menu Pembuka (Foto: dok. detikFood)

Yang juga menarik adalah Rakfisk Tartar Lompe. Sajian khas Norwegia ini memadukan ikan trout yang sudah difermentasi dengan flatbread, red onion dan sour cream.

Lutefisk Soup cocok bagi penyuka sup krim. Warnanya putih dengan tekstur berbusa karena sup dikocok sebelum disajikan. Sajian ini memakai ikan putih yang sudah dikeringkan (lutefisk) lalu dipadukan krim segar yang gurih creamy.

Baca Juga: Norwegian Seafood Council Bersama Sushi Tei Luncurkan Kampanye Edukasi Salmon Asal Norwegia

Chef Magnus dan tim juga menyuguhkan ikan halibut panggang dalam menu bernama Salt Baked Sterling Halibut. Ikan halibut utuh ini punya daging yang amat lembut. Enak dipadukan dengan bumbu gurih mirip butter.

Salmon hingga Herring Segar dari Norwegia Ada di Seafood Extravaganza 2017Salt Baked Sterling Halibut yang Lembut, Gurih dan Creamy (Foto: dok. detikFood)

Tak ketinggalan salmon dan scallop segar yang bisa dicicip tamu undangan. Selain itu, ada juga lobster turbot, kerang, king crab, fish and chips, langoustine (lobster mungil), udang dan aneka cold fish.

Untuk minuman, Seafood Extravaganza 2017 membawa akvavit atau aquavit. Spirit populer di Scandinavia ini punya rasa sedikit pedas dan manis. Dianggap cocok untuk membilas mulut usai menyantap seafood.

Sekretaris Jenderal INBC, Deden Rochmawaty berharap melalui acara ini INBC bisa semakin membuka peluang serta memperluas jaringan bisnis antara Indonesia dan Norwegia. "Sekaligus mempererat hubungan baik antar kedua negara," pungkas Deden.

(adr/adr)