Andri Ali Terpilih Sebagai Pemenang Modena Cook Pro Challenge 2017

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 30 Okt 2017 12:41 WIB
Foto: Modena Indonesia Foto: Modena Indonesia
Jakarta - Finalis Modena Cook Pro Challenge 2017 beradu kebolehan dalam memasak. Mereka beradu ketrampilan mengolah makanan Indonesia dalam waktu 1 jam.

Minggu (29/10) final Modena Cook Pro Challenge 2017 berlangsung di Modena Experience Centre, Jakarta Selatan. Sembilan orang finalis, terdiri dari 4 wanita dan 5 pria beradu kebolehan dalam memasak makanan Indonesia.

Acara dimulai dengan demo masak dari Chef Steby Rafael, home chef Modena yang mendapatkan MODENA Secret Box berisi cumi segar. Dalam waktu kurang dari 45 menit, chef Steby berhasil menyajikan tumis cumi tomat hijau dengan tampilan cantik.

Andri Ali Terpilih Sebagai Pemenang Modena Cook Pro Challenge 2017Foto: detikfood

Para finalis diberi kesempatan 15 menit untuk membuka masing-masing 'MODENA Secret Box' yang disediakan. Tiap peserta punya isi kotak berbeda. Terdiri dari bahan ikan, daging sapi dan daging ayam.

Baca Juga : Suka Masak? Yuk, Ikutan Tantangan Modena Cook Pro Challenge

Setelah itu mereka mendapat waktu 60 menit menyiapkan hidangan yang akan dimasak menjadi 2 porsi. Satu porsi untuk display satu porsi untuk dicicipi dewan juri. Dewan Juri terdiri dari MODENA Chef Steby Rafael, Stefu Santoso President dari Association of Culinary Professionals dan Odilia WS, redaktur pelaksana detikfood.
Acara ini didukung oleh Association of Culinary Professionals (ACP) dan detikcom - detikfood sebagai media partner.

Andri Ali Terpilih Sebagai Pemenang Modena Cook Pro Challenge 2017Foto: detikfood

Kriteria yang dinilai meliputi ketrampilan memasak, termasuk pemahaman bahan dan penguasaan teknik memasak, ketepatan waktu dan citarasa serta tekstur masakan. Semua peralatan disiapkan lengkap oleh MODENA. Namun, finalis tetap saja harus kreatif mengolah bahan dan memilih jenis masakan yang akan ditampilkan.

Dua finalis mendapatkan ikan patin segar, yang satu mengolah menjadi Gangan Patin dan yang lainnya mengolah menjadi Patin Bakar Sambal Matah. Demikian juga dengan bahan daging sapi yang diolah oleh kedua finalis menjadi Sate Maranggi. Tentu saja dengan gaya tampilan berbeda.

Andri Ali Terpilih Sebagai Pemenang Modena Cook Pro Challenge 2017Foto: detikfood

Sementara finalis lainnya mengolah menjadi Ayam yang jadi bahan populer diolah menjadi gulai, ayam balado dan ayam betutu. Tak semua finalis mulus meracik hidangan tradisional karena harus berlomba dengan waktu.

Salah seorang finalis akhirnya mengolah ayam betutu menjasi bentuk suwiran. Tak mudah menyajikan makanan tradisional dengan citarasa asli hingga ditata menarik.

Akhirnya Andri Ali, lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung NHI keluar sebagai juara. Ia membuat Gulai Ayam dan Telur yang dibuat dengan penuh ketelitian. Bumbu ditumis dengan api kecil, dan telur sengaja disajikan dalam keadaan setengah matang sehingga lebih menarik.

Andri Ali Terpilih Sebagai Pemenang Modena Cook Pro Challenge 2017Foto: detikfood

Sebagai hadiah, Andri mendapatkan berhak mendapatkan satu unit MODENA Free Standing Cooker FC 7643 S seharga Rp 10 juta. Sementara finalis lainnya mendapatkan voucher cooking class di Modena Culinaria.

(odi/odi)