'Fruitcake Mixing Ceremony' yang Seru Tandai Datangnya Hari Natal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 26 Okt 2017 08:21 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Fruitcake jadi kue khas Natal. Karenanya hotel ini menggelar acara seru pencampuran adonan fruitcake menggunakan beberapa liquors.

Meski Natal masih dua bulan lagi, persiapan membuat fruitcake sudah bisa dilakukan. Yang terpenting adalah menyiapkan bahan dasar fruitcake untuk difermentasi dengan liquors.

Bertempat di lobi hotel, JW Marriott Hotel Jakarta (25/10) menggelar Fruitcake Mixing Ceremony. Para tamu dan media diajak mengaduk bahan dasar fruitcake. Vikas Malik selaku Manager Hotel JW Marriott Hotel Jakarta menjelaskan Cake Mixing Ceremony adalah tradisi khas jelang Natal.

"Tradisi ini melibatkan seluruh anggota keluarga, merupakan simbol untuk mempererat tali ikatan keluarga," tuturnya.

'Fruitcake Mixing Ceremony 'yang Seru Tandai Datangnya Hari NatalFoto: detikfood

Terlihat wadah besar berbentuk persegi panjang menampung 100 kilo gram bahan dasar fruitcake. Isiannya adalah buah kering seperti nanas, apricot, cranberry, prune, mangga, kulit jeruk, cherry dan kismis. Tak ketinggalan aneka kacang-kacangan dan rempah.

Para tamu lalu diajak mengelilingi wadah tersebut sambil menuangkan rum, vodka, wine, bir dan sirup ke dalam bahan dasar fruitcake. Selanjutnya mereka mengaduk seluruh bahan agar tercampur rata.

'Fruitcake Mixing Ceremony 'yang Seru Tandai Datangnya Hari NatalFoto: detikfood

Kemudian campuran ini akan disimpan dalam plastik kedap udara. Waktu penyimpanan berlangsung 8 minggu. Tujuannya membiarkan bahan dasar fruitcake terfermentasi dengan baik. Karena semakin lama disimpan, rasa buah-buahan dalam fruitcake akan semakin kuat dan wangi aromanya.

Nantinya saat Natal, fruitcake dijual di JW Marriott Hotel. Fruitcake juga akan ditampilkan di seluruh gerai hotel bersama pilihan kue, puding dan hidangan Natal lainnya. (adr/odi)