Restaurant Andre Tutup Tahun Depan dan Ingin Kembalikan Bintang Michelin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Okt 2017 10:45 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu restoran terbaik Singapura, Andre akan tutup Februari 2018. Restoran juga ingin bintang Michelin-nya ditarik.

Pengumuman mengejutkan datang dari Restaurant Andre di Singapura. Restoran yang sudah meraih bintang 3 Michelin dan masuk dalam daftar World's Top 50 Restaurant ini resmi beroperasi Februari tahun depan.

Dalam rilis yang diterima detikFood (11/10), Andre Chiang selaku pemilik restoran menuangkan alasannya. Sejak awal membuka restoran ia bercerita selalu ingin menyambut tamunya dengan istimewa.

<i>Restaurant Andre</i> Tutup Tahun Depan dan Ingin Kembalikan Bintang MichelinFoto: Istimewa

Andre hanya akan membuka restoran jika ia sendiri yang memasak. Dibantu sang istri yang menciptakan suasana nyaman, keduanya telah menjalankan restoran Andre selama 7 tahun terakhir.

"Kami bertekad membuat warga Singapura bangga, membuat Asia bangga, menjadi salah satu restoran terbaik di dunia; kami telah mencapainya dan terus melakukannya," tulis Andre.

Ia meyakini keunikan dan kerja kerasnya mencapai "kesempurnaan" membawa restoran Andre mencapai semua prestasi tersebut.

"Saya sudah masak sejak usia 13 tahun, dan bulan ini adalah tahun ke-30 perjalanan memasak profesional saya. Saya ingin kembali ke titik awal saya memulainya, saya ingin kembali memasak, memiliki kehidupan seimbang dan memasak dengan bahagia," lanjutnya.

<i>Restaurant Andre</i> Tutup Tahun Depan dan Ingin Kembalikan Bintang MichelinFoto: Istimewa

Karenanya pada Februari 2018, Andre akan membuat transformasi signifikan pada restorannya. "Saya sudah memutuskan untuk kembali memprioritaskan kehidupan profesional saya mulai tahun depan," tutur chef kelahiran Taiwan ini.

Tak hanya itu, Andre berharap bisa mengembalikan bintang Michelin yang sudah didapat restorannya. Chef berusia 41 tahun ini bahkan meminta agar tak dimasukkan dalam daftar Michelin Guide Singapura tahun 2018

"Saya paham Michelin akan segera meluncurkan edisi baru di Bangkok dan Taiwan (dimana restoran saya yang lain, RAW berlokasi di Taipei. Sesuai harapan saya, RAW akan jadi tempat murni dimana saya bisa fokus mengedukasi, mengembangkan yang lain dan memasak usai pensiun dari Restaurant Andre," jelasnya.

Andre melanjutkan, "Saya juga meminta agar RAW tidak dimasukkan dalam daftar Michelin Guide Taiwan dan Taipei."

<i>Restaurant Andre</i> Tutup Tahun Depan dan Ingin Kembalikan Bintang MichelinFoto: Istimewa

Kenapa sekarang? "Karena ini adalah momen terbaik dalam hidup saya, saya berjalan ke dalam restoran, ke dapur, saya melihat setiap orang, semua dalam keteraturan, sempurna, saya belum pernah melihat ada restoran seperti ini! Semua orang seperti yang saya harapkan, ini adalah tim sempurna yang tidak akan saya lihat dimanapun lagi," lanjutnya.

Adapun Andre bersama timnya akan melayani pengunjung terakhir kali di Restaurant Andre pada 14 Februari 2018. Ke depannya akan ada beberapa proyek di tahun 2018 dan 2019.

"Meski warisan Restaurant Andre akan segera jadi memori dalam kuliner dunia, saya tidak menyesal, karena kami telah mencapai apa yang kami inginkan untuk Singapura dan Malaysia. Sekarang saatnya saya pulang ke rumah," tutup Andre.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com