Walikota Palembang Beri Dukungan Penuh Pempek 'Go International'

Raja Adil Siregar - detikFood Senin, 02 Okt 2017 09:58 WIB
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - Pempek, makanan ikonik Palembang sukses dipasarkan di London, Inggris. Perajin dari Palembang membuktikan makanan ini bisa sukses di luar Indonesia.

Promosikan pempek di tingkat Internasional, Walikota Palembang Harnojoyo berkomunikasi melalui teleconference dengan pengusaha pempek di London, Ingris. Ditargetkan pempek sebagai makanan khas kota Palembang dapat makin populer.

Harnojoyo melakukan teleconference dengan Yudawati salah seorang pengusaha pempek yang sudah 11 Tahun menjadi pengusaha makanan tradisional Indonesia di London. Salah satu makanan khas yang dijualnya yakni pempek, burgo dan kerajinan tangan asal Palemebang.

Walikota Palembang Beri Dukungan Penuh Pempek 'Go International'Foto: detikcom

"Saya teleconference dengan pengusaha Pempek yang ada di London, untuk memastikan bagaimana ke depan akan muncul pengusaha-pengusaha pempek lain. Tujuannya jelas, agar makanan khas Palembang ini semakin terkenal diluar negeri," ujar Harnojoyo usai teleconference di rumah produksi Pempek Beringin, Minggu (1/10/2017) malam.

Dikatakan Harnojoyo, Yudawati awalnya merupakan seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia. Di sana dirinya mampu melihat peluang usaha makanan khas tradisional yang sangat diminati. Sampai akhirnya nekat untuk memberanikan diri membuka gerai pempek.

Walikota Palembang Beri Dukungan Penuh Pempek 'Go International'Foto: detikcom

Untuk bahan baku ikan tenggiri, Harnojoyo menyebut "Warung Rumpi London" milik Yudawati tidak sulit untuk mendapatkan. Karena masih banyak dijumpai di pasar tradisional setempat. Kecuali gula merah sebagai bahan baku cuko, wanita asal kota Pagaralam ini mendapatkannya dari India.

"Yudawati ini asli orang kota Pagaralam dan memang bisa melihat peluang usaha untuk makanan khas di sana. Karena bahan baku seperti ikan tenggiri dan tepung kanji untuk pembuatan pempek itu juga mudah didapatkan, kecuali gula merah itu dia pakai dari India," sambung Harnojoyo.

Meskipun menggunakan gula merah asal India, saat teleconference dengan orang nomor satu di Palembang ini Yudawati mengaku tidak tidak mengurangi rasa. Hanya saja warna cuka sedikit berwarna cerah atau kekuningan.

Untuk mendukung pengusaha pempek "Go Internasional", pemerintah kota Palembang berkomitmen akan memberikan dukungan penuh. Salah satunya melalui perizinan, pembinaan dan proses pengiriman jika akan dilakukan ekspor langsung dari Indonesia.

"Untuk mendukung ini, kita akan fasilitasi setiap pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya terutama kuliner dan hasil kesenian khas Palembang. Mulai dari perizinan, pembinaan dan serta akan membicarakan dengan kedutaan tempat pengusaha ini akan mengembangkan usaha, bagaimana jika pengusaha akan mengekspor itu semua akan kita dukung," sambungnya lagi.

Walikota Palembang Beri Dukungan Penuh Pempek 'Go International'Foto: detikcom

Setelah melakukan teleconference sekitar 30 menit, Harnojoyo bersama kepala Dinas Pariwisata Isnaini Madani langsung meninjau rumah produksi pempek Beringin milik Diki Purwadi yang ada di pusat kota Palembang.

Di sana Walikota melihat proses pembuatan, pengemasan vakum udara hingga pengepakan. Beberapa waktu lalu Walikota Palembang juga mengumpulkan seluruh pengusaha pempek di rumah dinasnya Jalan Tasik. Harnojoyo meminta pengusaha untuk sama-sama bersinergi mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 mendatang. (odi/odi)
Load Komentar ...