60 Penjaja Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikFood Sabtu, 09 Sep 2017 15:33 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sejak dulu Semarang dikenal akan makanan enaknya. Melalui festival ini diharapkan warisan kuliner lokal tetap bisa tetap lestari.

Jika akhir pekan ini ada di Kota Semarang Anda bisa mengisi waktu dengan berburu kuliner. Ada Festival Kuliner Nusantara yang menghadirkan berbagai kuliner tradisional.

Bertempat di Pasaraya Sri Ratu Semarang, Jalan Pemuda, festival bernama 'Lezaatnesia' ini selalu ramai dikunjungi sejak dibuka 5 September lalu. Pengunjung bisa mulai berburu kuliner pukul 11.00 hingga 21.00 WIB malam. Dan festival berakhir pada hari Minggu (10/9) mendatang.

60 Penjaja Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota SemarangSuasana Festival Makanan Nusantara, Lezaatnesia (Foto: dok. detikFood)

Penyelenggara, Firdaus mengatakan ada 60 stand kuliner yang bisa dijelajahi pengunjung. Sesuai temanya yaitu Nusantara, Firdaus memang sengaja menyuguhkan makanan khas daerah di Indonesia dan meminimalkan kuliner-kuliner baru.

"Ada 60 tenant, kebanyakan makanan khas nusantara. Ada juga yang fusion, perpaduan, salah satunya ada burger rendang," kata Firdaus kepada detikcom, Jumat (8/9/2017).

Firdaus memiliki misi untuk memperkenalkan masakan khas daerah terutama kepada generasi muda. Oleh sebab itu ia sengaja membagikan 100 kue Ganjel Rel khas Semarang kepada pengunjung muda setiap harinya.

"Tujuannya mengedukasi, jadi untuk pembagian Ganjel Rel pun saya berikan ke yang muda-muda, dan pastinya banyak yang belum tahu kalau kue ini harusnya dimakan dengan ditemani teh agar lebih enak. Kue Ganjel Rel ini sudah jarang yang buat," kata Firdaus.

60 Penjaja Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota SemarangAda 60 Penjaja Kuliner di Festival Lezaatnesia (Foto: dok. detikFood)

Dalam sehari, pengunjung yang datang bisa mencapai 3.000 orang lebih. Pengunjung ramai pada jam-jam makan siang dan makan malam.

Bagi pengunjung dari luar kota yang mau datang, akses ke lokasi cukup mudah, jika dari Tugu Muda, cukup menelusuri Jalan Pemuda depan Balai Kota lurus arah Johar hingga ada Pasaraya Sri Ratu di kiri Jalan. Untuk masuk ke lokasi tidak dipungut biaya dan harga kulinernya pun terjangkau.

(adr/odi)