Sushi Kekinian

Meracik California Roll, Sushi Fusion Paling Top Buatan Chef Itoph

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Sep 2017 12:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Jakarta - Suka dengan sushi fusion? Kali ini chef Itoph akan mengajak Anda untuk membuat California Roll. Tak sulit membuatnya, yuk lihat video cara pembuatannya.

Fusion sushi berasal dari kota-kota pelabuhan. Di sini penduduknya berasal dari beragam budaya. Restoran Jepang di kota-kota tersebutpun berusaha mengakomodir keinginan penduduk dari budaya mayoritas. Mereka menyajikan sushi dan hidangan Jepang lain yang sudah disesuaikan dengan selera penduduk setempat. Ciri khasnya adalah bumbu yang terasa kuat.

Baca Juga: Beragam Budaya Global Menjelma dalam Racikan Fusion Sushi

Meracik <i>California Roll</i>, Sushi Fusion Paling Top Buatan Chef ItophFoto: dok. detikFood

California Roll diciptakan pertama kali oleh chef Jepang di Kanada. Namun penggemarnya banyak datang dari Los Angeles, CaliforniaSushi ini diciptakan oleh chef Jepang di Kanada. Namun, karena penggemarnya banyak datang dari Los Angeles, California, maka namanya menjadi California Roll. California Roll menjadi salah satu kreasi sushi fusion yang top di dunia. Karena setiap sushi bar pasti menyajikan menu California Roll.

"Mereka mencoba membuat sushi untuk penduduk lokal yang kurang menyukai makanan mentah. Kemudian sushi ditambahkan dengan crab stick. Selain itu ada juga pengaruh penduduk Amerika Latin seperti Mexico hingga Puerto Rico. Mereka banyak menggunakan alpukat sebagai bahan makananya jadi salah satu ingredient California Roll mereka masukkan alpukat disitu," jelas Chef Itoph kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dari California, Sentuhan Baru Sushi Mendunia dan Makin Unik

Meracik <i>California Roll</i>, Sushi Fusion Paling Top Buatan Chef ItophFoto: dok. detikFood

Untuk membuat California Roll, bahan-bahan yang dibutuhkan ada nori, mentimun, alpukat, crab stick, tobiko, wasabi, gari (pickle ginger) dan nasi sushi. "Nasi sushinya dicampurkan dengan sushi seasoning yang dibuat dari campuran cuka beras, gula, garam yang kemudian dikasi kombu, cooking sake dan mirin," tambah Chef.

Nasi sushi yang ditaruh di atas nori kemudian diisi dengan tobiko, potongan mentimun, alpukat dan crab stick. Kemudian dilipat dengan bantuan bambau roller, potong dan sajikan lengkap dengan gari dan wasabi. Enak disantap dengan cocolan shoyu. Nyam!

Tertarik membuatnya di rumah, Anda bisa ikuti cara Chef Itoph membuat California Roll Sushi seperti di video dari 20 detik ini. Yuk, bikin!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Load Komentar ...