Cerita Chef Agus Bikin Sentuhan Baru 9 Sajian Andalan di Resto Agnez Mo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 27 Agu 2017 12:17 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Agnez Mo menunjuk Chef Agus Sasirangan sebagai food consultant restoran REDBOX miliknya. Chef Agus berkreasi membuat 9 signature menu di sini.

Nama Agus Sasirangan atau Agus Gazali Rahman populer sebagai chef usai dirinya memenangi kontes memasak di televisi. Kini ia ditunjuk sebagai food consultant restoran Manado REDBOX milik Agnez Mo.

Chef Agus mengaku tertarik menerima tantangan Agnez Mo untuk mengkreasikan hidangan Manado. "(Restoran) ini kan produk lokal, satu visi sama aku yang memang mau angkat produk lokal Indonesia," ujar Chef Agus pada detikFood di acara pembukaan REDBOX (26/8).

Agnez Mo buka restoran baru.Agnez Mo buka restoran baru. Foto: detikfood

Meski lahir di Marabahan, Kalimantan Selatan, Chef Agus mengaku senang belajar membuat hidangan Manado. "Kan nggak harus daerah tertentu. Ruang lingkup sebagai chef itu kan nasional, aku harus belajar hidangan dari daerah lain," tuturnya.

Ia membuat 9 signature menu untuk REDBOX. Chef Agus berujar, "Jadi di sini kan ada menu autentik Manado yang dijual di buffet. Nah, kalau 9 menu saya ini dijual a la carte." Menu buatannya tergolong fusion karena Chef Agus meracik dengan gaya berbeda meski tak meninggalkan unsur penting masakan Manado.

Cerita Chef Agus Bikin Sentuhan Baru 9 Sajian Andalan di Resto Agnez MoFoto: detikFood

Ikan woku, misalnya, ia kreasikan dengan tambahan telur asin bernama Ikan Woku Bambu Telur Asin. "Ikan woku kan biasanya 1 ekor ikan utuh yang diberi kuah bumbu asam. Aku mengubah wokunya jadi sajian dalam bambu. Daging ikan kakap sudah fillet, jadi tinggal dimakan. Lalu aku tambahkan bumbu telur asin karena kan lagi naik daun," jelas chef 31 tahun ini.

Chef Agus juga membuat Sup Ikan Asin yang mungkin jarang ditemui di Manado. "Ini sesuatu yang baru dari Manado. Dalam sup ada ikan asin, telur bebek yang diolah jadi poached egg dan kuah santan. Rasanya pedas asam," lanjutnya.



Garo Bunga Pepaya ikut mendapat sentuhan berbeda. Pria ramah ini menjelaskan, "Kalau biasanya cuma bunga pepaya yang ditumis, aku bikin bunga pepaya dibungkus kulit lumpia. Jadi kayak spring roll, di dalamnya ada jamur dan ikan cakalang. Rasa bunga pepayanya sudah nggak terlalu pahit dan enak dimakan sama saus pendampingnya."

Mie Pidis Manado jadi menu buatan Chef Agus yang banyak difavoritkan. "Mie Pidis kan sebenarnya kurang familiar, bahkan aku googling kayaknya ngga ada deh Mie Pidis Manado. Mie Manado yang pedas, ada udang dan ikan cakalang. Bumbunya ada bumbu kuning dan bumbu cabai," ujar Chef Agus.

Cerita Chef Agus Bikin Sentuhan Baru 9 Sajian Andalan di Resto Agnez MoFoto: detikFood

Ia lalu memberi tambahan lada asli Indonesia sehingga rasa pedasnya beda. Chef Agus menuturkan, "Mie nya pakai santan. Ada yang goreng, ada yang kuah. Kayaknya kalau di rumah makan Manado di Jakarta nggak nemuin itu."

Tak ketinggalan Ayam Isi Dibulu yang unik. "Biasanya kan ayam dimasak bumbu asem, dioven, lalu dikasih kocokan telur. Nah, aku kasih sentuhan Western. Pakai cup aluminium, nasi dibumbui oregano, ayam dibulu (drumstick), disiram kuah asam, kocokan telur, dan keju mozzarella lalu dioven. Menunya Western tapi ada unsur kuah asam Manado," papar Chef Agus.

Apem Coi.Apem Coi. Foto: detikFood

Kue Apem Coi dikreasikan dengan formula berbeda oleh Chef Agus. Ia menjelaskan, "Apem coi Manado di rumah makan Manado kan rasanya agak berat dan teksturnya agak bantet. Tapi aku bikin yang agak smooth, nemuin formulanya butuh proses tapi nggak menghilangkan rasa asli Manadonya."

Untuk dessert, Chef Agus punya Es Teler Manado. Es brenebon atau kacang Merah Manado dibuat berbeda dengan tambahan es batu racikan sendiri. Chef Agus menjelaskan, "Es batunya ada unsur santan sama nangka jadi komposisinya lebih komplet."

Kesembilan menu Chef Agus merupakan pilihan manajemen REDBOX setelah sebelumnya ia menyiapkan 30 menu untuk dipilih. "Sebelumnya kita test food, dari 30 pilih menu kepilih 9. Aku memang sengaja menyiapkan pilihan menu yang banyak," pungkasnya.

(lus/odi)