Gurihnya 'Fried Chicken'

Berbalut Tepung Gurih Renyah, Ayam Goreng ala Amerika Jadi Favorit

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Jul 2017 19:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ayam goreng berbalut tepung renyah jadi simbol makanan modern. Berasal dari Amerika, kini fried chicken dengan semakin populer dan digemari.

Siapa yang tak suka dengan fried chicken atau ayam goreng tepung? Balutan tepung renyah ini jadi ciri khasnya. Rasanya gurih karenaya jadi favorit di banyak negara, termasuk Indonesia. Jika menilik sejarahnya, ayam goreng atau fried chicken ini sudah dinikmati oleh warga Eropa sejak abad pertengahan. Kabarnya, imigran asal Skotlandia membawa resep tersebut tersebut ke Amerika.

Baca juga: Ini 5 Fakta Fried Chicken Khas Amerika yang Kriuk Yummy!

Fried chicken renyah yang enak dan populer.Fried chicken renyah yang enak dan populer. Foto: iStock

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa olahan ayam goreng ini diadaptasi dari makanan orang Afrika Barat yang datang sebagai imigran ke Amerika. Karena mereka dikenal dengan sajian ayam goreng berbalut adonan tepung.

Fried chicken asal Amerika ini makin populer di dunia karena diperkenalkan melalui jaringan waralaba. Salah satu yang paling populer adalah Kentucky Fried Chicken. Sejak berdiri tahun 1930, kini gerainya sudah tersedia di lebih dari 110 wilayah dengan puluhan ribu outlet.

Kini, fried chicken sudah sangat bisa ditemui di berbagai restoran fast food dunia termasuk gerai-gerai kecil yang menjual fried chicken dengan harga sangat terjangkau. Dijual di rumah makan, gerai franchise hingga gerobak. Walaupun bentuknya mirip, akan tetapi ukuran potongan ayam dan harganya berbeda.

Aduh, renyahnya ayam 'fried chicken' berbalut tepung ini.Aduh, renyahnya ayam 'fried chicken' berbalut tepung ini. Foto: iStock

Tampil dengan merek lokal, fried chicken dikemas secara modern dengan harga yang lebih terjangkau. Harganya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000-an. Sebut saja, d'Besto, Hisana, Cheese Chicken, Chicago, Sabana hingga beberapa merek lainnya.

Ulasan khusus detikFood kali ini ingin akan mengajak Anda mengenal beragam fried chicken dengan merek lokal yang populer. Termasuk sajian unik fried chicken dan nilai nutrisi makanan cepat saji ini.

Hmm, aromanya gurih dan juga renyah. Semakin enak disantap dengan nasi hangat dengan cocolan saus sambal yang pedas.

Baca juga: Agar Fried Chicken Renyah Gurih Seperti Buatan Resto Fast Food, Perhatikan 6 Tips Ini (lus/odi)
Load Komentar ...