Kolaborasi Wine Chili dan Hidangan Italia yang Unik Dihadirkan oleh Rosso

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 18 Jul 2017 16:40 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Meski tergolong sebagai wine dari kawasan New World, wine Chili makin populer. Kali ini disajikan dengan hidangan khas Italia yang diolah dengan sentuhan modern.

Wine Dinner yang digelar oleh Rosso, Italian Restaurant yang ada di Hotel Shangri-la Jakarta, menghadirkan wine Chili, Concha Y Toro. Chef Rosso, Gianfranco Pirrone menyiapkan 5 hidangan dalam set menu untuk mengiringi wine Chili.

Pencinta wine dan hidangan Italia di Jakarta hadir memenuhi Rosso untuk mendapatkan pengalaman santap yang unik ini, Jum'at (14/7). Sebagai pembuka disajikan Concha Y Toro, Terrunyo, Sauvignon Blanc 2008. Mengiringi sajian Amber Jack Crudo.

Kolaborasi Wine Chili dan Hidangan Italia yang Unik Dihadirkan oleh RossoFoto: detikfood

Fillet amberjack segar disajikan dengan alpukat dan irisan red radish dengan saus asam segar bertekstur lembut. Wine yang diproduksi 9 tahun silam ini justru kuat karakternya.

Berwarna kuning pucat dan bening, Terrunyo, Sauvignon Blanc 2008 ini menebar aroma citrus yang segar. Ada jejak rasa lime yang kecut, sedikit aroma herba dan jejak tipis rasa mineral. Membilas bersih rasa gurih segar ikan.

'Wine ini merupakan batch terakhir yang kami produksi dengan cara lama. Masih berkualitas baik dengan karakter kuatnya. Bening dan sangat segar,' komentar Pablo Pressac, ahli wine Concha Y Toro yang ikut hadir dalam santap malam.

Kolaborasi Wine Chili dan Hidangan Italia Italia Dihadirkan oleh RossoFoto: detikfood

Chef Pablo Pressac juga bereksperimen dengan blue crab dari pulau Lombok yang disajikan dalam bentuk ravioli bentuk segitiga. Diberi saus paprika dengan sentuhan daun ketumbar.

Sajian segar ini diiringi Concha Y Toro Marques de Cassa Chonca, Chardonnay 2009. Wine dengan warna kuning muda ini beraroma pir yang kuat. Ada rasa mineral yang kuat di akhir membuat rasa gurih daging kepiting terhapus jejak rasanya di mulut.

Kolaborasi Wine Chili dan Hidangan Italia Italia Dihadirkan oleh RossoFoto: detikfood

Risotto salah satu sajian ikonik Italia diolah dengan squash sehingga berwarna kuning cerah. Tekstur nasi yang al dente diselingi potongan labu yang legit. Rasa gurih manis sajian ini diiringi dengan Concha Y Toro Marques de Cassa Chonca Carmenerre 2014.

Wine yang dihasilkan dari perkebunan anggur Peumo Vineyard punya karakter unik. Punya aroma cokelat bercampur plum dan black currant dengan warna merah maroon kuat. Rasa sedikit asamnya cocok mendampingi risotto yang creamy. Dada bebek panggang dimasak dengan bumbu pekak yang wangi, disajikan dengan saus dan mashed potatoes.

Concha Y Toro Marques de Cassa Chonca Carbanet Sauvignon 2015, dengana roma smoky yang unik menjadi pelengkap sajian ini. Ada aroma buah ceri dan berry yang enak pada red wine ini.

Kolaborasi Wine Chili dan Hidangan Italia Italia Dihadirkan oleh RossoFoto: detikfood

Sajian terakhir ditutup dengan Concha Y Toro Marques de Cassa Chonca, Syrah 2013. Prime Short Rib damask dengan slow cooking dengan brown sauce. Dilengkapi dengan scallop Hokaido dan kacang polong.

Shiraz berwarna keuunguan ini punya rasa beragam buah berry yang sangat kue. Dengan aksen asam kecut khas berry mampu membersihkan jejak gurih sajian daging sapi ini.

Santap malam ditutup dengan Blackcherry Tartufo. Mousse cokelat dengan paduan gelato Amaretto yang lembut wangi. Sebuah penutup yang istimewa dan sempurna. (odi/odi)