'California Wine Dinner' Tandai Peringati Kemerdekaan Amerika ke 241

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 05 Jul 2017 13:28 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - HUT Kemerdekaan Amerika diperingati pencinta makanan dengan cara berbeda. Mencicipi wine berkualitas dari California dengan paduan hidangan lezat.

Kemeriahan peringatan kemerdekaan Amerika Serika ke 241 dirayakan semalam (4/7) dalam santap malam di Lobo Restaurant, Hotel Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan. Chef de Cusine, Jan Schwitalla menyiapkan satu set menu untuk mengiringi wine dari California.

Amuse Bouche, berupa serutan tipis lobak diberi saus shoyu yang asam gurih. Hiasan bunga membuat tampilannya cantik. Sebagai pembuka, Black Crab Bisque, disajikan di atas cangkang kepiting Alaska.

 'California Wine Dinner' Tandai Peringati Kemerdekaan Amerika ke 241Foto: detikfood

Sup kepiting yang diberi bumbu Asia, kari, serai dan jahe terasa gurih dengan sentuhan kuat rasa kepiting. Serpihan daging kepiting dan percikan minyak olive membuat sup ini gurih sedap. Apalagi diiringi dengan white wine dari San Francisco, Migration Russian River Chardonnay 2013.

White wine produksi Russian River ini tuning ducat benign dengan aroma citrus yang lembut. Rasa asam yang tak terlalu tajam, membilas jejak gurih kepiting Alaska yang kuat.

Sajian kedua merupakan salah satu menu andalan Lobo, Egg Onsen. Berupa sup krim jamur porcini ini dilengkapi dengan gulungan kentang serut yang renyah. Berisi telur rebus setengah matang, cincangan jamur porcini dan serutan tipis jamur truffle.

Rasa gurih creamy sup ini diiringi dengan Erath Oregon Pinot Noir 2013. Red wine dari winery pionir di Oregon ini beraorma red cherry dengan jejak asam ringan ini bisa mengimbangi gurih creamy sup jamur.

 'California Wine Dinner' Tandai Peringati Kemerdekaan Amerika ke 241Foto: detikfood

Dalam sajian utama chef Jan Schwitalla memakai slow cooking, sous-vide, untuk mengolah Beef Cheek. Daging sapi secondary cut ini empuk lembut teksturnya. Dilengkapi dengan Beef Ragout yang disajikan dengan busa sumsum sapi.

Columbia Crest Merlot 2013 dari Washington menjadi pasangan pas buat sajian daging sapi dengan brown sauce ini. Aroma cokelat dan dark cherry yang kuat tetapi memberi jejak halus di akhir sangat serasi dengan rasa beef check yang gurih pekat.

 'California Wine Dinner' Tandai Peringati Kemerdekaan Amerika ke 241Foto: detikfood

Wine terakhir Decoy Zindafel 2014 dari Sonoma County disajikan mengiringi Kiss Chocolate Mousse yang berbentuk bibir merah dengan hiasan kertas emas. Mousse cokelat yang lembut dipadu dengan biskuit cokelat dan strawberry coulis yang asam segar.

Aroma fruity terbium kyat dari red wine ini. Meski ada rasa berries yang kuat tetapi rasa tannin tak terlalu kuat. Karenanya wine sangat cantik berpadu dengan rasa berry dan cokelat pada dessert.

Sebuah cara merayakan kemerdekaan Amerika Serikat yang dihadiri oleh sejumlah foodies di Jakarta ini ditutup dengan sajian aneka chocolate truffle. Selamat ulang tahun Amerika! (odi/odi)