Mudik Lewat Jogja, Solo atau Semarang? Buku Ini Bisa Jadi Panduan Makan Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Jun 2017 18:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Melintasi Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar), ada banyak makanan enak untuk dicicip. Buku '100 Mak Nyus Joglosemar' berisidaftar tempat makan di ketiga kota ini dalam informasi menarik.

Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar) disebut-sebut sebagai pusat peradaban kuliner Jawa karena memiliki ragam kuliner yang sangat kaya. Berwisata kuliner di tiga kota inipun dijamin seru karena banyak makanan khas dan tempat makan legendaris yang menanti untuk disambangi.

Tetapi bukan perkara mudah menemukan makanan khas yang benar-benar enak dan tempat makan legendaris yang masih bertahan hingga kini. Berbekal hal inilah, trio penulis kuliner, Bondan Winarno, Lidia Tanod dan Harry Nazarudin membuat '100 Mak Nyus Joglosemar.'

Mudik Lewat Jogja, Solo atau Semarang? Buku Ini Bisa Jadi Panduan Makan EnakFoto: Agung Pambudhy

Buku setebal 430 halaman terbitan Jalansutra ini terbagi dalam 3 bagian. Bagian 1 mengajak pembaca mengenal 50 masakan enak di Joglo Semar. Mulai dari asem-asem, bakmi toprak, gadon, nasi goreng sumsum, sambal tumpang, tengkleng hingga timlo Solo.

Tiap masakan lalu dibuatkan di
skripsi singkat nan menarik. Tak ketinggalan, resep untuk membuatnya dan informasi tempat makan enak yang menyediakan masakan tersebut.

Bakmi toprak dari Solo, misalnya, termasuk masakan yang kini sulit dijumpai. Bakmi toprak mirip sotomi khas Bogor dan Jakarta dengan isian amat beragam meliputi mi kuning, mihun, tahu, tempe, sosis solo, kol, tauge, cakwe, seledri, bawang merah goreng, kacang tanah goreng, tetelan dan kerupuk gendar yang disiram kuah sup bening.

Mudik Lewat Jogja, Solo atau Semarang? Buku Ini Bisa Jadi Panduan Makan EnakFoto: detikFood

Dalam bagian ini juga ada sub-bab menarik dimana penulis memberi referensi perjalanan 24 jam di Jogja, Solo dan Semarang. Berjudul "24 Jam di Jogja," "24 Jam di Solo," dan "24 Jam di Semarang," penulis menuangkan rincian perjalanan yang dilengkapi perkiraan waktu.

Sebagai contoh, 24 Jam di Jogja bisa Anda habiskan dengan memulai hari sarapan di Soto Kadipiro. Berlanjut ke Warung Bumi-Bumi Langit, Sate Klathak Sor Talok, berwisata ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat hingga selesai di Sop Empal Bu Haryoko, Muntilan.

Lanjut ke Bagian 2, pembaca diajak mengenal jajanan di Joglo Semar. Ada carang gesing, dawet telasih, jadah manten hingga krasikan yang bisa diketahui info lengkapnya.

Sampailah pada bagian penghujung yaitu Bagian 3 yang berisi tempat makan enak di Semarang, Solo dan Yogyakarta. Di Semarang, misalnya, ada Toko Oen yang legendaris, RM Selera Indonesia dan Goodfellas yang patut disambangi.

Mudik Lewat Jogja, Solo atau Semarang? Buku Ini Bisa Jadi Panduan Makan EnakFoto: detikFood

Semua dilengkapi informasi alamat lengkap, jam buka, dan nomor telepon tempat makan. Termasuk menu wajib yang sebaiknya Anda cicip di tempat makan tersebut.

Dalam kata pengantarnya, Bondan, Lidia dan Harry mengatakan '100 Mak Nyus Joglosemar' merupakan sumbangan nyata ketiganya pada Indonesia. Buku ini diharapkan bisa menjadi bahan advokasi untuk menempatkan kuliner sebagai lokomotif industri pariwisata.

'100 Mak Nyus Joglosemar' sebaiknya dimiliki pencinta kuliner yang doyan keluyuran mencari makan enak. Juga bisa jadi panduan untuk Anda yang akan melintasi Jogja, Solo atau Semarang pada mudik tahun ini.

(adr/odi)