Laporan dari WSFC 2017

Ini Kriteria Street Food yang Bisa Hadir di Bourdain Market

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 02 Jun 2017 14:23 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sejumlah penjaja street food dari beberapa negara akan dihadirkan di Bourdain Market. Anthony Bourdainpun mengungkap beberapa hal sebagai kriterianya.

Pagi ini (2/6) di Conrad Hotel Pasay, Anthony Bourdain mengundang sejumlah media dan blogger dari berbagai negara dalam konperensi pers. Termasuk yang sedang meliput jambore di WSFC 2017.

Seperti diketahui Bourdain Market yang berlokasi di NY City akan dibuka tahun 2019. Mulai saat ini sedang dilakukan pembangunan dan kurasi street food yang akan dihadirkan di sana.

Dari seratus street food dari berbagai negara tentu akan banyak usulan untuk jenis hidangan yang akan ditampilkan. Mengingat street food yang akan dipilih merupakan street food yang sebagian besar pernah dicicipi oleh Anthony Bourdain dan ditampilkan dalam serial CNN 'Parts Unknown'.

 Ini Kriteria Street Food yang Bisa Hadir di Bourdain MarketFoto: detikFood
'Saya ingin yang autentik, seperti dibuat di rumah, seperti yang dibuat oleh nenek yang digemari orang lokal,' ungkap Bordain. Ia memberikan contoh sushi, harus sushi autentik. Bukan sushi dengan cream cheese.

Tetapi bukan berarti juga mengambil begitu saja penjaja street food lokal yang sudah sukses beberapa generasi untuk dibawa ke New York.

'Sangatlah tidak adil jika mereka yang sukses begitu saja dicabut. Tetapi kami menciptakan sistem agar makanan tetap bisa disajikan di New York dengan rasa autentik,' ungkapnya.

'Kami mencari penjaja street food yang autentik, konsisten, tekun, teruji kualitasnya untuk menjadi bagian proyek pelestarian kuliner dunia ini,' tambah KF Seetoh selaku kurator untuk street food Asia.

 Ini Kriteria Street Food yang Bisa Hadir di Bourdain MarketFoto: iStock
Bagaimanakah kira-kira tampilan Bourdain Market yang berisi para penjaja makanan kaki lima?

'Yang jelas bukan seperti street a la lobby hotel atau food court yang semuanya tampil seragam. Kami ingin setiap ciri khas street food tetap hadir. Akan ada aroma asap dan jilatan api seperti makanan tersebut dibuat di tempat asalnya,' ungkap Anthony Bourdain.

Nantinya Bourdain Market akan dilengkapi dengan pasar tradisonal, tempat minum wine dan ngopi serta fasilitas lainnya. Dengan hadirnya Bourdain Market diharapkan street food dan budaya makan seluruh dunia bisa dijaga dan dilestarikan. (lus/odi)