Penyalaan 99 Fruit Flambe Serentak Pecahkan Rekor MURI

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 01 Apr 2017 15:29 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Rekor MURI bertema makanan kembali dipecahkan. Kali ini mahasiswa Podomoro University dan pemerintah Victoria Australia menyalakan fruit flambe terbanyak secara serentak!

Kemarin (31/3) rekor MURI kategori "Fruit Flambe Terbanyak (99) Secara Serentak" berhasil dipecahkan di Neo Soho Mall. Adalah mahasiswa Podomoro University dan pemerintah Victoria Australia yang menggagas sekaligus mewujudkannya.

Fruit flambe diracik menggunakan buah-buahan Australia yang tengah musim. Seperti plum, white nectarine, anggur, dan peach. Dalam acara turut hadir Philip Dalidakis selaku Menteri Usaha Kecil, Inovasi dan Perdagangan Victoria.

Penyalaan 99 <i>Fruit Flambe</i> Serentak  Pecahkan Rekor MURIFoto: detikFood
"Saya amat senang dengan kolaborasi ini dimana mahasiswa berpartisipasi aktif dalam acara," ujar Philip dalam sambutannya. Sementara itu, Dr. Cosmas Batubara selaku Rektor Podomoro University menjelaskan kegiatan ini bertujuan membangkitkan kreativitas mahasiswa dalam kreasi pengolahan buah sesuai musim dan melihat peluang pengembangan produk.

Chef Anton Harianto membimbing mahasiswa dalam pembuatan fruit flambe. "Pertama buat compote atau setup buahnya dulu. Biasanya memakai buah yang agak keras. Bumbunya sendiri kita coba buat khas Asia. Ada cengkeh, bunga lawang dan kayu manis. Dicampur dengan buah lalu direbus sekitar 10-15 menit," ujarnya.

Penyalaan 99 <i>Fruit Flambe</i> Serentak  Pecahkan Rekor MURIFoto: detikFood
"Manis alaminya buah Australia ini cocok dipadukan dengan aneka rempah," lanjut Chef Anton. Liquor yang sudah dipanaskan lalu dituangkan ke atas setup buah hingga menciptakan nyala api.

Untuk pemecahan rekor, sebanyak 99 mahasiswa Podomoro University memegang 99 gelas buah di meja melingkar sepanjang 28 meter. Secara serentak, mereka menuangkan liquor yang sudah dipanaskan untuk membuat flambe.

Pemecahan rekor ini disaksikan langsung pihak Museum Rekor Indonesia (MURI). Setelah verifikasi data, akhirnya Jaya Suprana mewakili MURI menobatkan kegiatan ini mampu pecahkan rekor penyalaan fruit flambe terbanyak secara serentak.

Menurut Jaya, pemecahan rekor ini juga bisa dimasukkan dalam kategori rekor dunia di MURI. Ia memberikan langsung piagam MURI kepada perwakilan Podomoro University, pemerintah Victoria Australia, dan Neo Soho Mall.

Penyalaan 99 <i>Fruit Flambe</i> Serentak  Pecahkan Rekor MURIFoto: detikFood
Ke depannya, Philip mengatakan tak menutup kemungkinan ada kerja sama lanjutan. "Acara seperti ini sebenarnya bukan hanya tentang buah Australia. Tetapi tentang membangun hubungan antara Jakarta dan Victoria. Antara Indonesia dan Australia," sambungnya.

Ia bahkan berkomitmen mengakomodir pemecahan rekor serupa di Victoria. Tentunya menggunakan buah-buahan Indonesia yang tak kalah menggugah selera.
(lus/odi)
Load Komentar ...