Bukan Hanya Dinginkan Makanan, Kulkas Juga Harus Punya Efek Kesehatan dan Lingkungan

Annisa Trimirasti - detikFood Sabtu, 10 Des 2016 15:00 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Lemari es jadi kebutuhan penting rumah tangga. Tak sekedar mengawetkan kesegaran makanan, kulkas juga berperan sebagai bagian gaya hidup modern.

Bukan sekedar menyimpan makanan saja, kulkas juga bagian dari gaya hidup. Panasonic dengan gagasan 'Start Your Smart Living' memperkenalkan lemari es BB Series yang disesuaikan dengan budaya dan gaya hidup masyarakat Asia.

Selama ini, banyak orang asal memasukkan makanan ke dalam kulkas. Padahal beberapa bahan makanan, seperti daging yang bisa menghasilkan tetesan air juga makanan dengan bau menyengat dapat mempengaruhi makanan lainnya. Oleh karena itu penyimpanan makanan harus dipisah.

Foto: iStock
Lemari es dua pintu, seri terbaru ini menyediakan ruang khusus sayuran pada bagian bawah lemari es dan daging pada bagian bawah freezer. Sehingga Anda dapat meletakkan makanan dengan benar. Kedua wadahnya dapat dilepas dan dicuci jika kotor.

Seiring dengan berkembangnya gaya hidup sehat banyak orang konsumsi makanan sehat. Lemari es dengan model minimalis ini menggunakan teknologi Ag Clean sebagai penghasil enzim aktif untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menghasilkan bau tak sedap serta memubuat makanan dapat tersimpan lebih lama dan segar.

Foto: detikfood
Gaya hidup sehat tidak lengkap bila tidak ramah lingkungan. Karenanya lemari es ini dilengkapi inverter atau hemat energi dan econavi. Inverter mungkin sudah biasa didengar, namun disebutkan, baru Panasonic yang menggunakan econavi.

Econavi adalah teknologi hemat energi yang lebih kompleks dengan sensor frekuensi buka tutup pintu, banyak makanan dalam kulkas, dan deteksi cahaya ruangan. Misalnya, saat kulkas sering dibuka-tutup atau banyak makanan di dalamnya atau kondisi cahaya terang dalam ruangan, kulkas akan memasok energi lebih banyak. Namun jika tidak, pasokan energi dalam bentuk dingin berkurang secara otomatis.

Bukan Hanya Dinginkan Makanan, Kulkas Juga Harus Punya Efek Kesahatan dan LingkunganFoto: detikfood
"Kulkas ini in line dengan lifestyle saya. Kita harus memikirkan kesehatan dan lingkungan untuk anak cucu nanti di masa depan. Dan sebagai ibu rumah tangga kita punya power untuk mengubah hal tersebut menjadi lebih baik seperti lewat kulkas ini." ujar Nadya Hutagalung dalam peluncuran Panasonic BB Series di Hotel Pullman, Petamburan, Jakata (9/12/16).

Kini, kulkas tak sekedar mendinginkan bahan makanan dan mengawetkan. Tetapi aspek kesehatan dan efek lingkungan ikut diperhitungkan.Kulkas ini dijual dengan 3 tipe kapasitas. Dapat diperloleh dengan varian harga Rp. 4.000.000 - Rp. 6.000.000 di seluruh toko peralatan rumahtangga dan elektronik. (ani/odi)