STP Enhai Bandung Sukses Gelar Pop Up Dinner Italia dan Prancis

Mukhlis Dinillah - detikFood Minggu, 20 Nov 2016 14:20 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Pop Up event bersama chef profesional kini sedang tren. Kali ini mahasiswa semester 6 Managemen Tata Boga, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Enhai Bandung juga menggelarnya.

Bertempat di The Bridge Coffee Boutique dan Dining, Jalan Karangsari, Bandung, Sabtu (19/11/2016), pengunjung disuguhi hidangan perpaduan Italia dan Perancis. Semuanya disajikan dalam bentuk Pop Up Dinner.

Yang unik Pop Up Dinner ini mengangkat tema Authentic Extraordinary Dining Experience (AXODE) Fine Dining. Semua hidangan merupakan karya original para mahasiswa. Mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup semuanya diracik sendiri.

STP Enhai Bandung Sukses Gelar <i>Pop Up Dinner</i> Italia dan PrancisFoto: detikFood

"Butuh waktu satu bulan untuk riset menu makan malam ini. Ada 7 orang mahasiswa yang menjadi chef di dapur," kata Kezia Nathalia Anggawijaya, Ketua Acara Pop Up Dinner di lokasi.

Makan malam istimewa ini dihadiri 80 pengunjung yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 19.00 WIB - 21.00 WIB, dilanjutkan sesi kedua pukul 21.30 WIB - 23.30 WIB. Santap malam terdiri dari 6 course.

Hidangan pembuka, Cheese Nougat dan Tortellini Salad. Dari kedua sajian awal ini, sentuhan khas Prancis yang kuat. Cheese Nougat, nougat keju disajikan di atas jelly dan taburan bubuk cokelat. Sementara Tortellini Salad, homemade stuffed tortellin yang disajikan dengan mesclun dan saus balsamic yang asam segar.

Seafood Consomme, sup bening dengan baby gurita disajikan sebagai jeda menuju sajian utama. "Sebelum masuk ke menu utama memang sengaja disajikan sebagai penyegar," jelasnya.

STP Enhai Bandung Sukses Gelar <i>Pop Up Dinner</i> Italia dan PrancisFoto: detikFood

Untuk hidangan utama, Beef Medallion Truffle with Meat Jus dan Snapper with Green Cobbage Sauce. Beef Medallion Truffle with Meat Jus. Potongan fillet daging sapi bersama jus daging disajikan dengan kentang mille feuille dan taburan kacang hijau.

Dalam Snapper with Green Cobbage Sauce berupa potongan ikan kakap setengah matang dengan saus kol hijau. Kentang berlapis dan jamur tumis sebagai pelengkapnya. Sebagai pemanis, ada taburan kelopak bunga berwarna kuning.

Acara makan malam ditutup dengan Chocolate Semifredo. Chocolate mousse cake disajikan dengan ganache oranye, hazelnut microsponge dan sunkist marmalade. Semakin nikmat karena dihidangkan dalam keadaan dingin.

STP Enhai Bandung Sukses Gelar <i>Pop Up Dinner</i> Italia dan PrancisFoto: detikFood

"Sebagai penutup acara tadi mengajak pengunjung untuk mengangkat toast dengan meminum bersama segelas kecil minuman soda," kata Kezia.

Kezia menuturkan Pop Up Dinner ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah Managemen Jasa Boga. Untuk mewujudkan dinner istimewa berkat dukungan dari berbagai pihak dan kerja keras.

"Untuk persiapan secara keseluruhan butuh tiga bulan. Kami dibantu teman-teman jurusan FD untuk pelayanan dan Pastry untuk hidangan desserts," ungkap Kezia.

Menurutnya meski kegiatan serupa sudah berlangsung sejak 2013 lalu, namun konsep Pop Up Dinner belum terlalu dikenal oleh masyarakat.

"Ke depan tujuan kami memang ingin memperkenalkan konsep Pop Up Dinner di Indonesia. Karena di beberapa negara konsep ini sedang tren," tutup Kezia.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua STP Bandung Anang Sutono yang menyatakan penghargaannya. Karena hidangan berkualitas dan pelayanan yang baik menjadikan Pop Up tahun ini yang terbaik.

Anang menuturkan kegiatan ini merupakan hasil inovasi, kreatifitas dan penelitian. Mereka mengkombinasikan antara menu, marketing dan service dalam satu evet Pop Up ini.

"Saya bangga dan tak menyangka anak-anak bisa membuat acara sehebat ini. Tahun ini yang terbaik menurut saya. Saya harap ini bisa terus berlangsung dan semakin berkembang," ungkap Anang.

(adr/odi)