Desain Kreasi Flo Terpilih Jadi Salah Satu Desain Red Cup Starbucks Internasional

Annisa Trimirasti - detikFood Jumat, 11 Nov 2016 11:10 WIB
Foto: detikfood/Starbucks/Instagram Foto: detikfood/Starbucks/Instagram
Jakarta - Tiga belas desain Red Cup Starbucks khusus diperkenalkan jelang libur akhir tahun. Salah satunya merupakan karya orang Indonesia.

Sejak 1997, setiap tahun, jaringan gerai kopi global, Starbucks, mengeluarkan Red Cup untuk menyambut liburan akhir tahun.Tahun lalu, Red Cup Starbucks polos tanpa desain. Karenanya diprotes banyak pelangganya.

Namun, mereka melihat banyak pelanggan menggunakan cup merah polos tersebut sebagai kanvas untuk membuat desain seni kreatif seperti pada gelas putih polos biasa.
Desain Kreasi Flo Terpilih Jadi Salah Satu Desain Red Cup Starbucks InternasionalFoto: detikfood
Gerai kopi global yang berdiri sejak 1971 itu pun mengundang pelanggannya dari seluruh dunia membagi kaya seni mereka di Instagram Desember tahun lalu. Responnya sangat positif terbukti dengan terkumpulnya 1200 desain hanya dalam 8 hari pertama.

Akun instagram @florencia.selvi milik Selvi Lesmana pun ikut membagi karya seni buatan tangannya. Kemudian terpilih menjadi salah satu desain Red Cup Holiday Season Starbucks tahun ini.

Wanita yang akrab dipanggil Flo asal Bandung ini menerima telepon dari Starbucks pertengahan tahun ini. Ia diminta mengirim gelas dengan desain Red Cup untuk diluncurkan pada masa liburan akhir tahun ini.
Desain Kreasi Flo Terpilih Jadi Salah Satu Desain Red Cup Starbucks InternasionalFoto: detikfood/Starbucks/Instagram
Pada tanggal 10 November, desain Red Cup Flo dan ke-12 orang lainnya dari 6 negara pun diperkenalkan Starbucks Indonesia. Flo bangga karyanya bisa dinikmati jutaan orang penggemar Starbucks di dunia.

"Suatu kehormatan dapat mewakili Indonesia di panggung Internasional. Semoga dengan pencapaian ini anak Indonesia bisa ikut terinspirasi," ujar Flo saat jumpa media di Starbucks FX Sudirman kemarin (10/11/16).

Gambar yang dibuat Flo pada Red Cup berlatar makhluk hidup, tetap fokus pada simbol Starbucks. Flo menghias Red Cup dengan hedge sparrow, buah beri, dan bunga magnolia.

Desain ini mencerminkan kebahagiaan Holiday Season yang dinikmati seluruh orang. Seperti bunga magnolia sebagai simbol pertemanan dan cinta dan hedge sparrow sebagai keyakinan dan kreatifitas.

Flo yang memang menyukai racikan kopi Starbucks terutama Caramel Macchiato ini mengaku desain berjudul 'Birds&Flower' nya dibuat langsung di Red Cup dalam satu kali coba.

Ia juga langsung menggunakan cat poster di Red Cup walau pada bagian hedge sparrow ada 4 kali pergantian sebelum akhirnya selesai. Flo juga sangat senang karena desain Red Cup nya yang dikeluarkan Starbucks Holiday Season ini benar-benar persis seperti yang dia buat.
Desain Kreasi Flo Terpilih Jadi Salah Satu Desain Red Cup Starbucks InternasionalFoto: detikfood/Starbucks/Instagram
Selain Red Cup, Flo yang memang berprofesi sebagai freelance grafis designer ini juga pernah turut ramaikan desain gelas Starbucks pada hari kemerdekaaan Indonesia tahun lalu.

Red Cup Holiday Season kreasi Flo bersama yang lainnya diluncurkan secara global kemarin di seluruh gerai Starbucks di dunia di 23,000 gerai Starbucks di 75 negara.
Total ada 1200 desain Red Cup yang terkumpul berasal dari 6 negara, termasuk Indonesia. Sedangkan 5 negara lain dari 13 desain terpilih adalah Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Kanada, Rusia dan Korea Selatan.

Jika ingin menikmati kopi sambil melihat karya Flo dalam Red Cup, segara datangi gerai Starbucks terdekat. Red Cup desain khusus tersedia hingga 2 Januari 2017. (ani/odi)