'The Exotic India' Tawarkan Nasi Briyani dan Chicken Korma Sedap Buatan Chef Asal Bangalore

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Nov 2016 18:00 WIB
Foto: The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan Foto: The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan
Jakarta - Pencinta makanan India bisa puaskan selera di resto hotel ini. Ada nasi briyani khas India Utara dan kari ayam dari resep kuno India sebagai santapan.

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan memperkenalkan ragam hidangan autentik India di Asia Restaurant. Bekerja sama dengan Kedutaan Besar India dan Pusat Kebudayaan India Jawaharlal Nehru, promosi kuliner bertajuk "The Exotic India" ini berlangsung mulai 8-18 November 2016.

Chef berbakat dari The Ritz-Carlton Bangalore, Altamash Iqbal didatangkan khusus untuk memasak sekitar 17 jenis hidangan India. Dalam temu media (8/11), Chef Iqbal bercerita kebanyakan rempah-rempah dibawanya langsung dari India untuk menjaga keaslian rasanya.

<i>'The Exotic India'</i> Tawarkan Nasi Briyani dan <i>Chicken Korma</i> Sedap Buatan <i>Chef</i> Asal BangaloreFoto: The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Beberapa hidangan primadona "The Exotic India" adalah Gosht Dum Briyani, Subz Dum Banarsi, Murgo Korma, Rogan Josh, Gosht Badam Shorba, dan Aloo Dum Klashmiri.

Gosht Dum Briyani adalah nasi briyani khas India Utara. Berbeda dari di India Selatan, nasi briyani di sini tidak terlalu brerempah namun aromanya begitu harum.

Tampilannya juga sedikit berbeda karena diselimuti adonan pastry mirip zuppa soup di atasnya. Dengan cara ini aroma dan rasa rempah nasi briyani lebih terjaga. Agar makin nikmat, nasi briyani bisa disantap dengan yogurt dan lumatan chickpea.

Subz Dum Banarsi merupakan hidangan berbahan sayuran musiman. Chef Iqbal tertantang mengolah sayuran lokal Indonesia dengan bumbu khas India.

<i>'The Exotic India'</i> Tawarkan Nasi Briyani dan <i>Chicken Korma</i> Sedap Buatan <i>Chef</i> Asal BangaloreFoto: The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Sementara Murgo Korma adalah kari ayam yang di India sendiri sudah jarang dijumpai di restoran. Dibuat dengan resep kuno, kuah rempah yang kental ditambah ramuan rahasia berupa Eter Essence.

Ada pula Rogan Josh yaitu olahan daging kambing dengan 3 bumbu sederhana berupa bawang bombay, cabai merah, dan yogurt. Semakin lengkap karena Chef Iqbal menyediakan Gosht Badam Shorba, sup bercita rasa tajam yang bisa hangatkan badan.

Lalu ada juga olahan kentang kecil yang disemur dengan saus tomat dan daun fenugreek bernama Aloo Dum Klashmiri.

<i>'The Exotic India'</i> Tawarkan Nasi Briyani dan <i>Chicken Korma</i> Sedap Buatan <i>Chef</i> Asal BangaloreFoto: detikFood

Mengenai roti yang umumnya ada dalam hidangan India, kali ini Chef Iqbal membawa roti shermal. Bentuknya bundar dengan diameter cukup besar, mirip bun burger. "Membuatnya sederhana. Hanya butuh telur, susu, gula, ragi, tepung, dan garam," jelas Chef Iqbal.

Roti ini jadi jodoh untuk menyantap kari berempah. "Dimakan dengan tangan rasanya lebih nikmat," pungkas chef ramah ini.

Kalau tertarik mencicip ragam hidangan di "The Exotic India," Anda bisa melakukan reservasi di Asia Restaurant dengan menelpon 021 2551 8888 atau email ke rc.jktrz.fb.festivedesk@ritzcarlton.com.

(adr/odi)