5 Hidangan Autentik Jepang Bisa Dicicip di Japan Food Festival 2016 Mulai Hari Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 31 Okt 2016 15:42 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Japan Food Festival (JFF) 2016 resmi dibuka hari ini. Pengunjung bisa mencicip 5 hidangan autentik Jepang mulai dari sushi hingga taiyaki.

Japan External Trade Organization (JETRO) menggelar JFF 2016 mulai 31 Oktober hingga 13 November 2016. Bertempat di Food Society Mall Kota Kasablanka, ada 5 perusahaan industri jasa makanan Jepang yang hadir membawa hidangan autentik negeri Sakura tersebut.

Dalam konferensi pers (31/10), Hironobu Kitagawa selaku Director General Service Industry Department JETRO mengatakan, "Restoran yang hadir di sini adalah yang memenangkan persaingan ketat di Jepang. Mereka punya menu khas yang lezat. Semuanya dibuat tanpa babi sehingga aman dikonsumsi masyarakat Indonesia."

5 Hidangan Autentik Jepang Bisa Dicicip di <i>Japan Food Festival</i> 2016 Mulai Hari IniFoto: JETRO

Penyelenggaraan JFF 2016 juga dilatarbelakangi perubahan daftar negatif investasi di Indonesia, dimana perusahaan asing telah diizinkan menanam modal sebanyak 100% dengan syarat tertentu. Karenanya minat perusahaan industri jasa makanan Jepang untuk masuk ke pasar Indonesia pun makin meningkat.

Kelima perusahaan industri makanan yang hadir di JFF 2016 adalah Menya Takeichi dengan menu ramen ayam, Enokiya dengan menu dessert khas Jepang, Fujisan Taiyaki dengan menu taiyaki, Sushi Kaz dengan menu sushi daging, dan Ringer Hut dengan menu champon atau mi campur Jepang.

Yosuke Hara dari Menya Takeichi mengatakan sangat senang bisa hadir di Jakarta. Gerai ramen asli Tokyo ini bahkan berencana menjadikan Jakarta sebagai pusat penyedia ramen tanpa babi sedikitpun. "Lalu saya ingin mempromosikannya ke seluruh dunia," ujar Hara dalam sambutan.

5 Hidangan Autentik Jepang Bisa Dicicip di <i>Japan Food Festival</i> 2016 Mulai Hari IniFoto: detikFood

Sementara Koichi Iwara dari Enokiya membawa daifuku (sejenis mochi khas Jepang), dango, dan Crispy Bean Cake yang manis enak. Iwara mengatakan Enokiya sudah ada di Jepang selama 56 tahun dan telah memiliki 250 cabang di sana. Ia berharap masyarakat Indonesia bisa mencoba camilan manis tradisional Jepang.

Kalau mau kue manis lainnya ada taiyaki atau kue ikan khas Jepang dari Fujisan Taiyaki. Pihaknya membawa 3 rasa yaitu keju, green tea, dan kacang merah.

Penyuka sushi bisa puaskan selera dengan sushi daging buatan Sushi Kaz yang sudah berdiri 25 tahun di Jepang. Australian Beef yang juicy digunakan sebagai isian dan topping sushi di sini.

5 Hidangan Autentik Jepang Bisa Dicicip di <i>Japan Food Festival</i> 2016 Mulai Hari IniFoto: detikFood

Ada pula Ringer Hut yang memperkenalkan champon atau mi campur khas Jepang. Sajian ini hampir sama dengan ramen tetapi menggunakan lebih banyak sayuran sebagai toppingnya. Ringer Hut bahkan akan membuka gerai resminya di Indonesia pada akhir tahun ini. Tepatnya di City Walk, Sudirman.

Hidangan tersebut dijual mulai dari Rp 15.000-120.000. Selain hidangan autentik Jepang, JFF 2016 juga menampilkan performa budaya Jepang. Diantaranya pemutaran film oleh Japan Foundation dan upacara minum teh Jepang.

Nah, pencinta makanan dan budaya Jepang sebaiknya sempatkan mampir ke sini.

(adr/odi)