Ada Sate Ponorogo dan Bakwan Malang di Festival "Wuenak E' Puolll"

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 14 Agu 2016 13:05 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Kangen rujak cingur atau soto Ambengan ? Datang saja ke Summarecon Mal Serpong. Ada sekitar 90 tenant makanan tradisional yang bisa disinggahi.

Setiap tahunnya Festival Kuliner Serpong (FKS) rutin diadakan. Setelah sebelumnya sajikan kuliner khas Bali, Jawa Tengah hingga Sumatra Utara kini FKS mengusung tema berbeda yaitu "Wuenak E' Puolll" dari Jawa Timur.

Saat datang ke sini, para pengunjung akan disambut dengan gapura berupa candi Penataran serta rumah adat khas Jawa Timur. Ada 96 tenant yang dipilih secara selektif dengan penyajian makanan yang berbeda dan terdiri dari 61 stand, 28 gerobakan, 3 angkringan, 3 wartegan dan 1 bale.

Khusus untuk makanan Jawa Timur ada sekitar 21 tenant. Salah satunya adalah Onde-onde khas Jatim (Kopi Delapan), Sate Ayam Ponorogo Nyamleng, Bakwa Malang Arema King, Ote-ote Sby, Pecel Pincuk Bu Ida, Sego Resek, Nasi Udang Empal Sambal Bu Rudi Surabaya, Bebek Ireng Surabaya hingga Rujak Soto Cak Nur khas Banyuwangi.

Salah satu yang bisa Anda coba adalah Sate Ayam Ponorogo Nyamleng yang menyajikan sate daging ayam dan kulit. Teksturnya empuk dan kenyal dengan disiram bumbu kacang plus cabai rawit. Semakin enak disantap dengan lontong.

Selain itu, Soto Ambengan "Cak Har" juga jadi salah satu pilihan sajian berkuah hangat khas Jawa Timur. Kuahnya yang gurih dengan pilihan isian ayam dan daging enak disantap dengan taburan bumbu koya.

Sego Resek juga langsung di datangkan dari Malang sehingga rasanya sama dan seenak aslinya. Tentu Anda penasaran untuk mencoba.

Tak hanya sajian khas Jawa Timur, Anda juga dapat mencicip makanan tradisional yang enak. Mulai dari Srabi Notosuman Solo Ny Handayani, Es Dawet Ireng Purworejo, Nasi Jamblang Mang Dul hingga aneka jajanan kue seperti kue cubit, kue ape, kue rangi dan pancong.

Festival Kuliner Serpong 2016 akan hadir hingga tanggal 12 September dan dibuka setiap hari mulai Senin hingga Kamis pukul 16.00 - 22.00 WIB, untuk Jum'at pukul 14.00 - 23.00 WIB dan Sabtu, Minggu dan libur nasional buka pukul 11.00 - 23.00 WIB.

Khusus untuk 17 Agustus, pengunjung dapat menyaksikan penampilan Voice of Indonesia dan Reog Ponorogo.

Mengurangi dampak lingkungan, pengunjung juga dapat mengumpulkan sisa botol plastik bekas pakai. Botol-botol ini nantinya akan diolah oleh Summarecon Serpong yang bekerjasama dengan Yayasan Tzu Chi.

Melengkapi serangkaian acara kuliner, FKS juga memiliki Wine Cheese Expo yang berlangsung mulai 12 Agustus hingga 21 Agustus di Circel Atrium. Expo ini dapat menambah wawasan pecinta wine dan keju yang berasal dari negara-negara penghasil anggur terbaik di dunia.

Beberapa jenis wine yang ditawarkan adalah Casa Vella Cabernet Sauvignon tahun 2007, Juve Y Camps, Cava and Red Wine dari Spanyol hingga Sparkling Wine dari Italia. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com