Berbuka Nikmat dengan Nasi Biryani dan Dal Tadka di Baharat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 09 Jun 2016 14:00 WIB
Foto: iStock/The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place
Jakarta - Tahun ini Baharat mengusung konsep North-West Frontier. Beragam pilihan kebab dan biryani khas India jadi hidangan andalan. Juga dessert manis khas Timur Tengah yang puaskan selera.

Baharat merupakan venue eksklusif untuk berbuka puasa yang digelar The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Berlokasi di lantai 4 Ballroom Foyer, tahun ini Baharat mendatangkan 3 chef yaitu Chef Mauluddin, Chef Hidayatulla, dan Pastry Chef Kemal Ozcan.


Chef
Mauluddin dan Chef Hidayatulla menghadirkan hidangan mewah dan spesial dari North-West Frontier yaitu wilayah India dan sekitarnya yang dulunya dikuasai Inggris. Seperti Awadhi Dum Biryani, Seekh Kenan, Tandoori Chop, Paneer Makhlanwala, Dal Tadka, Murg Butter Masala, Aloo Dum, hingga Gifali Salmon.

Pada deretan hidangan utama, ada biryani yang jadi andalan. "Biryani" dalam bahasa Persia berarti menggoreng atau memanggang. Banyak orang meyakini biryani awalnya berasal dari Persia lalu masuk ke daerah North-West Frontier dan kemudian ke seluruh India. Karenanya resep biryani di sana cukup beragam. Tiap wilayah menggunakan rempah andalan yang unik.


Di Baharat, Chef Hidayatullah meracik Awadhi Dum Biryani asli kota Lucknow. Sajian nasi ini dibuat dari ragam rempah seperti jahe, jintan, cengkeh, kayu manis, dan pala. Rasanya menjadi kaya dan enak dipadukan dengan menu khas India lainnya.

"Paneer Makhlanwala juga sebaiknya dicicip karena kari ini dibuat dengan keju bikinan sendiri," ujar salah satu tim chef. Kalau bosan nasi, Anda bisa mencicip Aloo Dum yang merupakan baby potato dengan baluran saus tomat. Dijamin nikmat dan mengenyangkan.

Tak hanya hidangan India, penyuka masakan Indonesia bisa mencicip Ayam Bakar Jakarta, Perkedel Kentang, Pesmol Ikan, dan Sayur Asam. Cicip juga hidangan internasional lain seperti Chicken Shawarma dan Crispy Beef di sini.

"Crispy Beef ini seperti steak tetapi setelah dipanggang digoreng. Bagian dalamnya tetap juicy lalu disiram saus kungpau yang gurih manis," ujar salah seorang chef.


Santap puasa makin memuaskan dengan menikmati hidangan manis dari Turki seperti baklava, balah el sham, um ali, dates mamoul, dan rose water muhalabea. Uniknya lagi, Pastry Chef Kemal Ozcan menyiapkan es krim baklava yang lembut manis dengan taburan baklava yang renyah.

Pastry Chef Prambudiyono dari The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place turut membuat kreasi berbeda. Berupa kumpulan dessert Timur Tengah dalam plating menarik. Baklava, maamoul, dan ghuraiba disajikan dengan ragam saus berwarna cerah.


"Konsep dessert ini memang masif dengan tambahan saus yang bisa dimakan. Warna kuning merupakan saus mangga, hijau berupa pandan, biru dibuat dari blueberry, dan merah dari strawberry," ujar Chef Pram.

Baharat yang berkapasitas 250 orang ini tersedia setiap hari selama Ramadan. Mulai pukul 17.30 hingga 20.00 WIB dengan harga Rp 320.000++ (hari biasa) per orang dan Rp 298.000++ di akhir pekan. Info dan reservasi bisa menghubungi 021 2550 1888.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com