Laporan dari London

Sate Ayam dan Nasi Campur Laris Diantre Warga London

Intan Kemala Sari - detikFood Senin, 30 Mei 2016 15:12 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Tampilan kuliner nusantara di Festival Indonesia Weekend menyedot pengunjung. Dari sate ayam, es cendol hingga nasi campurpun laris diserbu pembeli.

Festival Indonesian Weekend berlangsung di Potters Field Park, London selama dua hari yakni 28 dan 29 Mei 2016. Acara yang digelar khusus untuk mempromosikan budaya Indonesia serta mengajak turis berkunjung ke Indonesia ini menghadirkan budaya termasuk kuliner nusantara.

Di dalam taman yang terletak di pinggir sungai Thames ini, terdapat delapan booth kuliner yang menyajikan kuliner Indonesia. Para pengunjung yang sebagian besar merupakan warga London dan sekitarnya ini pun tertarik membeli dan mencicipi makanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Namun yang paling banyak menarik atensi adalah sate ayam dan sate kambing yang dijual oleh sebuah restoran bernama Waroeng Windsor. Restoran tersebut didirikan oleh seorang pria berkewarganegaraan Inggris Phil Davenport dengan istrinya, orang Indonesia.

Sate ayam tersebut disajikan di atas pelepah daun sebagai alasnya. Kemudian diisi dengan nasi putih hangat dan tiga tusuk sate berlumur kuah kacang dan acar serta taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya. Harga satu porsinya adalah £5 atau setara dengan Rp 100 ribu.

"Saya memulai bisnis ini empat tahun lalu. Awalnya hanya menerima jasa pesanan saja tapi lama-lama banyak yang mendukung untuk buka restoran," tutur Phil di Potters Field Park, Minggu (29/5/2016).


Selain sate ayam dan kambing, ada pula menu nasi campur yang dihadirkan oleh restoran Bali Lounge. Dijual seharga £5 atau Rp 100 ribuan, para pengunjung memilih dua menu sebagai lauk pelengkapnya yakni sambal goreng telur, sambal goreng udang, rendang, kari ayam, dan sayur lodeh.

Booth lain yang meramaikan Festival Indonesian Weekend adalah Bakso Bola-bola. Menu utama yang ditawarkan adalah bakso yang dihidangkan di dalam gelas besar dan diisi oleh mie kuning, bihun, sawi, empat buah bakso serta satu pangsit di atasnya. Bakso tersebut juga dijual seharga Rp 100 ribuan.


Ada pula kue-kue yang sulit ditemukan di Inggris seperti kue lapis legit, serabi, pastel, risol, dan gorengan seperti bakwan, tempe dan tahu goreng yang dijual seharga £1 (Rp 20 ribu). Selain itu ada pula minuman khas Indonesia, es cendol dan es campur yang dijual seharga £3 (Rp 90 ribu).

Antusiasme pengunjung yang datang sangat beragam. Mereka semua tampak rela mengantre dan tak sabar ingin mencicipi makanan Indonesia.

(adr/odi)
Load Komentar ...