'Trailing the Taste of Gorontalo' Raih Gourmand World Cook Book Award 2016

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Mei 2016 13:33 WIB
Foto: Omar Niode Foundation/iStock Foto: Omar Niode Foundation/iStock
Jakarta - Sebanyak 3 buku kuliner Indonesia masuk nominasi Gourmand World Cook Book Award 2016. Buku Trailing the Taste of Gorontalo keluar sebagai pemenang kategori Asian Cuisine from Asian Books.

Trailing the Taste of Gorontalo terbitan Omar Niode Foundation adalah sebuah buku kecil berbahasa Inggris yang berisi kumpulan tulisan dan rangkaian potret wisata kuliner di Provinsi Gorontalo. Buku ini bermula dari catatan pengalaman 16 peserta perjalanan Kelana Rasa Gorontalo yang dipandu Arie Parikesit.

Dalam keterangan media (29/05) dijelaskan bahwa buku ini juga berkembang dengan tambahan tulisan dari mereka yang bermukim dan paham tentang kuliner di Gorontalo. Secara total, Trailing the Taste of Gorontalo berisi 24 tulisan, 57 foto, 9 resep masakan, dan 10 testimoni dari tokoh pariwisata dan kuliner termasuk Chef William Wongso, Putri Indonesia Pariwisata 2010 Alessandra Khadijah Usman, dan Elena Aniere dari Slow Food International.

Tulisan-tulisan dalam buku mencakup makanan tradisional Gorontalo, surga selam di Teluk Tomini, keindahan Pulau Saronde, serba-serbi pasar tradisional Gorontalo, dan blusukan di pasar ikan. Hal lain seputar mencoba jajanan pinggir jalan, menara "Eiffel" di Gorontalo, manisnya jagung lokal milu pulo, kopi Pinogu kegemaran Ratu Belanda Wilhelmina, melestarikan makanan Gorontalo, dan memori kuliner Gorontalo juga termasuk didalamnya.


Trailing the Taste of Gorontalo turut memuat dua tulisan Erik Wolf selaku Direktur Eksekutif World Travel Associaton. Tulisannya mengenai informasi mutakhir wisata kuliner di tingkat global yang dapat menjadi rujukan bagi pengembangan wisata kuliner di Indonesia pada umumnya dan Gorontalo pada khususnya.

Menurut panitia penyelenggara Gourmand World Cook Book Award, tahun ini ada 209 negara bersaing dalam 92 kategori yang meliputi buku masak dan budaya pangan, serta 29 kategori untuk wine dan minuman.

Sebelumnya buku Trailing the Taste of Gorontalo menjadi finalis di kategori Asian Cuisine from Asian Books, bersaing dengan buku-buku dari Iran, Malaysia, Maladewa, Singapura, dan Thailand. Buku ini juga menjadi finalis pada kategori Best Charity and Fund Raising Cookbook in Asia bersama buku-buku dari Kamboja, Lebanon, Malaysia, dan Singapura.

Pada acara pemberian penghargaan di Yantai, China (29/05), dewan juri mengumumkan Trailing the Taste of Gorontalo sebagai pemenang utama di kategori Asian Cuisine from Asian Books.


Mengenai prestasi ini, Amanda Katili Niode sekalu Ketua Omar Niode Foundation yang juga duta besar World Food Travel Association di Indonesia merasa sangat bangga karena penghargaan ini membuat wisata kuliner Gorontalo mendapat pengakuan di tingkat dunia.

"Gorontalo adalah daerah yang memiliki pemandangan alam yang permai dengan ragam kuliner yang segar dan legit, namun belum menjadi destinasi wisata kuliner yang populer. Buku ini adalah contoh kolaborasi ideal antara berbagai pihak untuk mengangkat kuliner Gorontalo agar dikenal di mancanegara," ujar Amanda.

Kepada detikFood (30/05), Program Manager Omar Niode Foundation, Dian Anggraini berharap Trailing the Taste of Gorontalo bisa menjadi contoh kolaborasi berbagai pihak untuk mengangkat kuliner Gorontalo agar dikenal di dalam negeri dan mancanegara.

Mengenai ketersediaannya, Trailing the Taste of Gorontalo pernah dicetak dan dijual di Indonesia beberapa waktu lalu pada cetakan perdana dengan harga Rp 50.000 sebagai pengganti biaya cetak. Saat ini Trailing the Taste of Gorontalo bisa dibeli di Amazon Kindle dengan tautan berikut seharga 1.29 euro atau sekitar Rp 20.000.

(adr/odi)