Sensasi Lezat dan Sehat 'Beef Lava Stone' di Orient8

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 29 Apr 2016 17:49 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Beefsteak yang dimatangkan dengan dipanggang sudah biasa. Di restoran Pan-Asia ini daging sapi impor Amerika yang empuk juicy dimatangkan di atas batu vulkanik.

Cara memasak di atas bara api atau di atas batu panas tergolong cara kuno. Karena dilakukan sejak zaman purba ketika manusia sering berpindah tempat. Namun, cara memasak kuno ini kembali digemari.

Salah satunya dengan memakai lava stone alias batu vulkanik. Batuan yang berasal dari gunung berapi ini memiliki sejumlah kelebihan. Selain memiliki pori-pori merata alami di seluruh permukaannya batu vulkanik juga mengandung mineral.



Ketika dipanaskan, batu ini akan menyebarkan panas ke seluruh bagian dan menahan panas untuk waktu yang lama. Karenanya jika dipakai untuk mematangkan masakan akan tahan lebih lama.

Cara memasak dengan lava stone atau batu vulkanik kini dipakai juga oleh Orient8, restoran Pan-Asia yang ada di lantai dasar Hotel Mulia Senayan Jakarta. Menunya diberi nama 'Beef Lava Stone'.

Batu vulkanik berbentuk panci datar dipanaskan hingga mencapai suhu 300 C. Kemudian irisan US Prime Beef Short Rib dengan sebaran lapisan lemak dimasak langsung di atas batu panas.



Panas yang ditahan dalam batu akan mematangkan daging seluruhnya. 'Tidak perlu diberi tambahan minyak karena lemak daging US Prime akan meleleh dan membuat daging menjadi empuk juicy,' demikian ujar pramusaji yang memanggang daging.

Sambil dimatangkan daging dibumbui dengan Maldon Sea Salt dan Australian Fresh Black Pepper. Sebagai sentuhan akhir, irisan bawang bombay, tomat cherry, rosemary dan thyme ditumis dan disajikan bersama.

Daging iga yang empuk juicy ini enak dinikmati dengan BBQ sauce, teriyaki sauce, tartar sauce dan horse radish sauce. Gurih wangi aroma asap pada saus BBQ menjadi cocolan paling sedap buat daging iga ini.



Meskipun tergolong kuno, cara memasak beefsteak dengan batu vulkanik kini sedang digemari di dunia. Pertama, lebih hemat energi dan yang kedua lebih sehat. Karena tak perlu tambahan minyak atau mentega. Daging dimatangkan dengan lelehan lemak dari daging sendiri.

Jika Anda bersantap di Orient8, Anda bisa memesannya a la carte dengan harga Rp. 2000.000++ per porsi. Atau dalam buffet lunch Rp. 288.000+= dan buffet dinner Rp. 348.000++ per orang.

Kalau bosan dengan beefsteak biasa, kini saatnya Anda rasakan sensasi berbeda Beef Lava Stone yang lebih sehat dan sedap. Pesan tempat segera di 021-574-7777.


(lus/odi)