Festival Kuliner Nusantara 2016 Akan Berlangsung Sampai Besok

Maya Safira - detikFood Jumat, 15 Apr 2016 15:04 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2016 resmi dibuka kemarin. Ada beragam kuliner tradisional Indonesia yang dapat dicoba di sini.

Pada Jumat (15/04), pembukaan FKN 2016 dengan tema "Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa" berlangsung di Mall Artha Gading Jakarta Utara. Ditandai pemencetan blender oleh Esthy Reko Astuti Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar.

Dalam sambutannya, Esthy mengatakan kegiatan FKN punya tujuan meningkatkan jumlah wisatawan agar bisa mencapai target kunjungan.

"Kuliner salah satu produk yang punya potensi luar biasa. Dilihat dari data wisatawan yang datang sekitar 40-50% pengeluarannya untuk kuliner. Saya harap kegiatan bisa mempromosikan kuliner Nusantara dan juga destinasi pariwisata," ucap Esthy.

Untuk FKN yang berlangsung 14-16 April ini, Kemenpar menargetkan kehadiran 30.000 pengunjung. Target nilai transaksi sebesar 1-2 milyar.

"Ini kegiatan kuliner terbesar saat ini yang dilakukan (Kemenpar). Bisa ada lagi tahun depan, kalau bisa lebih besar lagi," harap Esthy.


Catur Laswanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, turut hadir dalam pembukaan. Menurutnya, penyelenggaraan FKN punya nilai positif. Agar makin banyak turis datang ke Jakarta untuk menikmati kuliner.

"Kuliner jadi bagian penting dari pariwisata, termasuk bagi pemprov Jakarta. Apalagi Jakarta sebagai melting pot orang-orang berbagai negara, jadi kulinernya beraneka ragam. Adanya kegiatan seperti ini diharap dapat menjadikan Jakarta sebagai destinasi utama kuliner," ungkap Catur yang datang mewakili Gubernur DKI Jakarta.

Kini terdapat lebih dari 6.000 restoran dan kafe di Jakarta. Belum termasuk yang tidak tercatat, tambah Catur.

Catur juga menyampaikan harapannya terhadap kuliner Nusantara. "Semoga kuliner Indonesia makin dikenal, dicintai dan lestari sampai kapanpun," tuturnya.


Chef Chandra Yudaswara ikut tampil dalam demo masak pembukaan FKN 2016. Ia menunjukkan cara pembuatan pepes jamur dan tahu. Pepes jadi andalan saat ia tampil di luar negeri dan ternyata disukai warga asing.

Selama tiga hari FKN berlangsung, ada sekitar 49 jenis kuliner Nusantara yang dipamerkan dan dijual bagi pengunjung. Provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia Barat, Tengah dan Timur menjadi bagian dari 65 stand yang terdapat di FKN 2016. Booth ikut diisi restoran dengan makanan khas Nusantara, akademi, asosiasi, komunitas dan industri kuliner.


Kegiatan juga dimeriahkan demo masak makanan daerah oleh 12 chef ternama. Selain itu, terdapat hiburan berupa kesenian tarian daerah, artis dan grup band papan atas. Diantaranya Tasya, Lusy Rachmawati dan RAN. (msa/odi)