Setelah 35 Tahun Akhirnya William Wongso Terbitkan Buku Kuliner Indonesia

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 14 Apr 2016 17:00 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Buku kuliner Indonesia 'Flavours of Indonesia' diluncurkan di Jakarta (13/04). William W.Wongso sang penulis yang dikenal sebagai tokoh kuliner Indonesia menuangkan pengalamannya menjelajahi daerah-daerah di Indonesia.

Sudah sangat lama di Indonesia tidak ada buku panduan kuliner yang lengkap. Meliputi seluruh wilayah di Indonesia. Dari bumbu, kultur hingga cara bersantap yang dituturkan lengkap.

'Flavours of Indonesia' - William Wongso's Culinary Wonders setebal 188 halaman ini diterbitkan oleh BABBOOKS. Terdiri dari 5 bab ini bertutur dari sejarah citarasa seorang William Wongso hingga perjalanannya menjelajahi pulau-pulai di Indonesia, menemukan keunikan citarasa di tiap daerah.
Buku ini juga dilengkapi dengan beragam informasi mengenai bumbu dan rempah di berbagai Indonesia. Ada foto-foto apik suasana berbagai pasar tradisional yang dijelajahi William Wongso.

'Pasar tradisional itu ensiklopedia hidup semua bumbu dan rempah Indonesia. Dari situlah kuliner tradisional dilestarikan. Kehadirannya tak bisa digantikan dengan supermarket. Karena 'jiwa' kuliner lokal ada di sana,' demikian komentarnya pada sesi talkshow acara peluncuran yang dipandu Bondan Winarno.

'Kearifan lokal harus berkembang, muncul dan dikenali banyak orang di dunia sehingga makanan Indonesia dikenal ciri khasnya di dunia. Ini yang saya harapkan dari peluncuran buku ini,' ungkap kakek 3 cucu ini.

Untuk mempopulerkan makanan Indonesia di mancanegara, Kementrian Pariwisata juga aktif mengadakan festival di berbagai negara.

Mengenai peran pemerintah dalam mengembangkan destinasi kuliner, Drs.Lokot Ahmad Enda, MM, Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementrian Pariwisata bekomentar:

'Selain penambahan budget promos pariwisata kami juga akan melakukan pengembangan destinasi kuliner lokal. Misalnya Solo, Palembang atau Pontianak harus punya destinasi kuliner.'
Penyelesaian buku ini juga perlu perjuangan. Mengingat William Wongso nyaris setiap saat berkeliling Indonesia dan berbagai negara. Setelah dikerjakan oleh tim dan disusun bertahap selama 6 tahun buku inipun selesai.

'Untung saya punya penerbit disiplin dan tertib mengatur jadwal. Mau tak mau saya harus mengikuti. Kalau tidak, buku ini tak akan selesai,' tutur William Wongso yang sering dijuluki sebagai 'Indonesian Food Ambassador'.

Buku yang merupakan catatan perjalanan kuliner seorang empu kuliner Indonesia ini perlu dimiliki oleh siapa saja yang mencintai makanan Indonesia. Tak hanya keindahan alam, keunikan bumbu, kelezatan makanan lokal diungkap penuh detil.

Perjalanan kuliner Indonesia yang ditekuni William Wongso selama 35 tahun bisa dilacak dari buku ini. Dari mengelola radio swasta, menjadi fotografer, pemilik bakery dan katering hingga menjadi konsultan makanan Indonesia.

Sebuah dokumentasi kecintaan akan kuliner Indonesia ini bisa Anda peroleh di toko-toko buku besar. Dalam edisi paperback seharga Rp. 425.000 dan hardcover dalam box seharga Rp. 750.000. Atau pesan langsung melalui email: info@babbooks.com.

(adr/odi)