Ibu Sebaiknya Ajak Anak Saat Masak agar Anak Lebih Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 17 Des 2015 16:42 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Ibu berperan penting dalam penerapan pola hidup sehat keluarga. Karenanya Philips adakan kelas memasak sehat dan mengajak para ibu melibatkan anaknya di dapur.

Bertempat di ballroom Hotel Pullman Jakarta Thamrin (17/12), Philips menyelenggarakan Philips Mother's Day Cooking Class untuk menyambut hari ibu pada 22 Desember. Kelas memasak ini diikuti sekitar 70 ibu dari berbagai kelompok arisan.

Turut hadir dalam acara, pakar kuliner Bondan Winarno dan Chef Yuda Bustara. Keduanya menekankan pentingnya melibatkan anak-anak dalam kegiatan memasak di dapur.



Bondan berujar, “Saya sangat mendukung para ibu untuk lebih sering mengajak anak-anak membantu di dapur. Dengan cara ini mereka dapat belajar banyak hal seperti kerja sama, memikul tanggung jawab, menyelesaikan suatu tugas, dan tentunya mempererat hubungan dengan ibu.”

Ia menambahkan, “Tiap akhir pekan coba ajak anak ke pasar. Perkenalkan mereka pada beragam jenis bahan makanan. Mereka akan antusias dan mendapat pengetahuan baru yang berharga.”

Hal senada juga diungkapkan chef Yuda. “Memasak dengan anak sebenarnya sangat menyenangkan. Mereka sangat antusias belajar membuat suatu masakan dan juga mengenali bahan-bahannya,” tuturnya.

Dalam kelas memasak, chef Yuda mendemokan 4 variasi menu nasi yang sehat dan praktis yaitu burger nasi, rice bowl, puding nasi, dan nasi kuning. “Tak perlu repot, semuanya dapat dibuat dengan alat masak rice cooker, blender tangan, dan table grill dari Philips,” ujar chef yang juga berprofesi sebagai food stylist ini.



Para pesertapun diajak mempraktekkan langsung menu yang sudah didemokan. Mereka diberi waktu 1 jam membuat 4 menu dan menampilkan yang terbaik untuk dinilai Bondan Winarno.

Kelompok 4 (Ummahat Sholehah) dinobatkan sebagai kelompok terbaik. "Mereka bekerja perlahan tapi pasti. Presentasi menunya juga menarik," ujar Bondan mengenai alasannya memenangkan kelompok 4.

Sementara itu, Musdalifa sebagai salah satu peserta mengatakan, “Senang sekali kelompok arisan kami bisa ikut kelas memasak ini. Saya belajar banyak, mulai dari mencoba resep variasi masakan nasi dan mempelajari pentingnya melibatkan anak dalam menyiapkan makanan di rumah,”



Di akhir bincang-bincang, Bondan mengingatkan pentingnya memastikan keamanan anak saat di dapur. “Pilihlah alat yang tepat, pastikan juga selalu mengawasi kegiatan anak di dapur. Mereka harus tetap dalam pengawasan orang dewasa (adult supervision),” ujar sosok yang dikenal dengan slogan 'Maknyus' ini.

(adr/odi)