Hotel The Park Lane Jakarta Pecahkan Rekor MURI Pohon Natal Tertinggi dari Kue Sus

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Kamis, 10 Des 2015 17:04 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Natal selalu dirayakan dengan kue​. Kali ini, Hotel The Park Lane Jakarta​ merayakan dengan kue spesial​. Hotel ini sukses memecahkan rekor Pohon Natal Tertinggi Pertama dari Kue Sus!

Pohon cantik berwarna cokelat kekuningan ini menjulang tinggi di pelataran lobby Hotel The Park Lane Jakarta dengan tinggi 9 meter. Selain tinggi, seluruh pohon natal ini terbuat dari choux pastry atau kue sus yang bisa dimakan. Kue ini disusun rapi menyerupai pohon natal dengan sebanyak 18.000 buah.



Mirip dengan croquembouche atau kue sus yang disusun bentuk kerucut dengan karamel sebagai hiasannya.​

The World Tallest Choux Pastry Christmas Tree ini akhirnya memecahkan Rekor MURI sebagai pohon natal tertinggi dan terbesar yang terbuat dari kue sus. Secara khusus pula Ketua Umum Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana hadir dalam perhelatan ini.

Foto: Detikfood

"Pohon natal ini unik, dan tentunya membanggakan karena buatan orang Indonesia. Saya dengan bangga menyerahkan penghargaan ini kepada Hotel The Park Lane Jakarta. ​Mungkin tahun depan Park Lane bisa membuat pohon natal dari kue apem?" seloroh Jaya Suprana yang sontak disambut tawa oleh para hadirin pada sore (10/12) ini.

Pembuatan pohon ini juga melewati satu-dua cerita tersendiri. "Tadinya kami ingin membuat sekitar 4 atau 5 meter saja, namun kemudian pihak manajemen berpendapat kenapa tidak dibuat sangat tinggi sekalian, yaitu 9 meter?,​" ​u​jar Deden Gumilar, Executive Chef Hotel Park Lane Jakarta.

"Setelah saya dan tim menghitung-hitung, kue sus yang akan terpakai berjumlah 12.000 buah. Namun ternyata, jumlah itu tak sampai ke puncaknya. Kami pun membuat kue sus lagi hingga pembuatan kue ini memakan waktu 15 hari," sambung chef yang murah senyum ini.

"Kue sus-nya juga kuat menancap di sekelilingnya karena kami telah membuat rancangan rangka khusus. Jadi, tinggi setelah kami hitung, tinggi pohon ini 9 meter, dengan diameter 2,65 meter dan pengerjaan pemasangan selama 3 hari," jelas Chef Deden Gumilar lagi.

Foto: Detikfood

Pembuatan kue sus ini sendiri memerlukan 115,2 kilogram tepung; 76,8 kilogram butter; 192 liter air; 2.112 butir telur; 2,88 kilogram garam; dan 5,76 kilogram gula.

Rencananya, puff pastry​ ini akan dipajang sampai tanggal 25 Desember 2015. Kemudian, Hotel The Park Lane juga akan membagi-bagikannya untuk anak panti asuhan sebagai bentuk berbagi kebahagiaan.

Pada saat yang bersamaan, General Manager Hotel The Park Lane Jakarta Darrel Cartwright juga menyampaikan rasa bangganya pada hasil kerja keras tim pastry. "Prestasi ini akan kami pertahankan dengan membuat kejutan-kejutan unik di waktu mendatang," ucapnya.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com