Frankfrut Book Fair 2015

Indonesia Sajikan Rendang dan Klapertaart di Pembukaan Frankfrut Book Fair 2015

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 14 Okt 2015 09:57 WIB
Foto: William W.Wongso
Jakarta -

Tahun ini Indonesia menjadi Guest of Honor Frankfrut Book Fair (FBF). Semalam (13/10) pameran buku dunia ke 76 ini resmi dibuka. Indonesia kembali memikat tamu dengan sajian lezat.

Khusus untuk resepsi pembukaan William W.Wongso bersama tim chef sebanyak 8 orang telah menyiapkan set menu khas Indonesia. Terdiri dari Rendang Padang, Tahu Telor, Tuna Asam Pade, Sarikayo Pannacotta dan Klapertaart.

Tim chef ini juga didukung oleh 3 orang murid SMKN 1 Kudus. Semua persiapan meracik dan memasak hidangan dilakukan dengan peralatan modern. Set menu ini disiapkan untuk 800 orang.



‘Mengingat rendang jadi favorit banyak tamu, khusus untuk pembukaan kami memasak 70 kilogram rendang yang dibuat dari sekitar 150 kg daging. Santan yang dipakai merupakan produk Thailand karena sulit mencari santan yang cocok,’ demikian penjelasan William Wongso pada detikfood (13/10).

Acara pembukaan yang dihadiri oleh Dr. Anies Rasyid Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga dimeriahkan oleh tampilan Endah Laras dengan tembang ‘Malang Sumirang’.

Sajian makanan khas Indonesia kembali memikat tamu-tamu yang hadir di malam resepsi. Ini karena tampilan yang cantik dan juga citarasa yang tetap dijaga seperti aslinya. Meskipun diolah di dapur modern.



Menjadi Guest of Honor di pameran buku dunia terbesar ini Indonesia mengusung tema ’Spice It Up’. Membawa serta 26 orang tokoh kuliner, seperti chef, pemerhati kuliner dan penulis buku kuliner untuk memperkenalkan kuliner Indonesia.

Frankfrut Book Fair memberi ruang bagi para pemain dan peminat bidang kuliner di Gourmet Gallery. Kecuali membahas soal buku, para pengarang buku juga mempraktekkan langsung proses pembuatan masakan dari resep-resep yang ada di dalam buku.

Untuk cooking class dan workshop kuliner akan digelar di Gourmet Gallery dengan menampilkan chef dan ahli kuliner dari mancanegera. Dari Indonesia akan tampil antara lain chef Vindex Tengker, William W. Wongso dan Petty Elliot. Acara ini akan berlangsung tanggal 14 Oktober -18 Oktober 2015.






(odi/odi)