Siapkan Kelas Pelatihan, Bogasari Dorong Pertumbuhan UKM Makanan Pemula

- detikFood Jumat, 02 Okt 2015 05:53 WIB
Foto: detikcom Foto: detikcom
Jakarta - PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari akan menggelar kelas pelatihan bagi UKM di Jawa Timur. Diharapkan di tengah kondisi ekonomi yang melambat akan lebih banyak lagi UKM pemula yang muncul.

"Bogasari terus meningkatkan kemitraan dengan UKM lewat berbagai program mulai dari edukasi hinga program keanggotaan Bogasari Mitra Card," kata Ivo Ariawan Budiprabawa, Vice President Sales Area 3 Bogasari saat jumpa pers di Grand City Mall, Surabaya, Kamis (1/10/2015).

Bogasari menggelar mitra binaan UKM. Sejak Tahun 2002 hingga tahun ini, sebanyak 51 ribu UKM se Indonesia menjadi mitranya. Dari jumlah tersebut, sekitar 20 persen atau sebanyak 11 ribu UKM dari Jawa Timur. Dari 11 ribu UKM, sekitar 25 persen UKM berada di Kota Surabaya.

"Kita harapkan setiap tahun ada peningkatan 10 persen UKM baru," terangnya.

Turut hadir dalam jumpa pers, Asisten Manager Region Jatim Bali Bonaran Siagian, Direct Sales Asisten Manager Bintomo, Dzikriyati Yuni Ersi, Asisten Manager Produk dan Rudianto Pangaribuan, PR & Comm Bogasari Division.

Bonaran menambahkan, Bogasari Expo digelar di dua kota besar yakni Medan dan Surabaya. Untuk di Surabaya, akan digelar mulai 2-4 Oktober 2015. Selama expo, masyarakat akan belajar banyak hal, termasuk memberikan kelas pelatihan (baking class) yang mampu menampung 3.240 orang. 60 materi resep yang sudah disiapkan dan diajarkan ke para baker dari Bogasari Baking Center.

"Masyarakat yang baru mau merintis usaha, bisa mengikuti pelatihan ini. Kita akan ajari UKM pemula. Diharapkan mereka pulang tidak tangan kosong, tapi sudah mendapatkan ilmu, resep, alat-alatnya, bahan, sehingga bisa mempraktekkan," kata Bonaran.

Selain itu, Bogasari juga menggelar Malam Penganugerahan Bogasari SME (Small Medium Enterprise) Award 2015 tingkat nasional. Para nominator dibagi 3 kategori yakni Silver, Gold dan Platinum Kategorinya juga disesuaikan dengan jenis kartu keanggotaan BMC (Bogasari Mitra Card) yang dikelompokkan berdasarkan volume pemakaian terigu Bogasari.

"Jadi ada 3 kriteri penerima Bogasari SME Award 2015. Pertama, memiliki bisnis plan. Kedua, pertumbuhan finansial. Ketiga, kontribusi UKM tersebut terhadap masyarakat sekitar," tandasnya.








(odi/odi)
Load Komentar ...