Laporan dari Kuala Lumpur

Nasi Liwet dan Surabi Bandung Disajikan di 'Indonesian Food Festival' Kuala Lumpur

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 05 Sep 2015 11:28 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

'Indonesian Food Festival' digelar untuk memeriahkan MATTA Fair 2015 yang berlangsung di Kuala Lumpur. ​Nasi liwet dari Solo, surabi Bandung ​dan mie kocok disajikan dengan rasa asli. Karena diracik langsung oleh tim chef dari Indonesia.​

Mulai tanggal 4 hingga 11 September 2015, sajian buffet 'Indonesian Food Festival' disajikan di lantai satu, Hotel Seri Pacific Kuala Lumpur. Kementerian Pariwisata Indonesia bekerjasama dengan Restoran Bumbu Desa di Malaysia menyajikan hidangan khas Indonesia.

Pengunjung akan merasakan perjalanan kuliner dengan tema berbeda setiap harinya. Hidangan tidak hanya berasal dari Sunda, Jawa Barat akan tetapi juga beberapa kota lain seperti Minang dan Jawa. Menunya disajikan bergantian setiap hari.​

Menurut Tendi Naim selaku Pemilik Bumbu Desa, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan masing-masing punya budaya yang unik. Kali ini kuliner beberapa kota lain di Indonesia​ ditampilkan agar masyarakat Malaysia mengenal makanan populer Indonesia.​

"Selain sajian Jawa Barat, kami juga punya beberapa menu unik seperti Pancake. Kali ini pancake tidak disajikan dengan gula atau es krim. Melainkan dengan isian daging kambing berbumbu rempah gurih," tutur Tendi Naim saat berbincang oleh Detikfood di Zende Restaurant.

Tim dari Bumbu Desa ​terdiri dari​ Chef Isan Santibi dan Chef Achmad Syarief​ meracik langsung semua hidangan Indonesia yang ditampikan selama festival berlangsung​.

Saat malam pembukaan promosi Food Festival Indonesia (04/09/15), ada 25 hidangan​ Jawa Barat yang disuguhkan di Zende Restaurant. Rujak buah, gado-gado, tahu isi, asinan Bogor, nasi liwet, mie bakso, mie ayam, mie kocok, ulam-ulam hingga nasi liwet.

​Dalam menu prasmanan di malam pembukaan festival disajikan​ Asinan B​ogor​, ​nasi liwet ​khas Solo yang disajikan lengkap dengan lauk-pauknya. Juga ada​ n​asi yang disajikan dengan​ sambal tempe teri kacang yang gurih. Yang ​menjadi favorit para pengunjung terutama Malaysia adalah Cumi Masak Cabai Hijau. Cuminya dipotong berbentuk cincin​ diberi​ bumbu cabai hijau dengan jejak sedikit minyak dan kuah.

​R​ujak buah menjadi salah satu sajian yang diserbu pengunjung. Ada potongan jambu biji hijau, jambu air, nanas, pepaya muda, bengkuang, mentimun dan mangga muda. Disajikan dengan sambal gula yang manis pedas dengan taburan kacang tanah goreng.​

​Beragam jajanan tradisional Indonesia juga bisa dicicipi. Ada limpang limpung pisang yang hangat manis, surabi B​andung yang gurih manis hingga buah nangka yang beraroma wangi.

​Beragam menu prasmanan Indonesia ini ​disajikan di ​Zende restaurant, Seri Pacific Hotel Kuala Lumpur dengan harga ​RM 79.00 ++ nett per orang atau sekitar Rp 246.150 ++. Promosi "Wonderful Indonesia" ini bisa dinikmati saat makan siang (12.30pm hingga 3.00pm) dan makan malam (6.30pm hingga 10.30pm).

Selama makan siang dan malam, juga akan disuguhkan dengan hiburan tari dan juga seni tradisional khas Jawa Barat yang dihadirkan langsung dari Indonesia.



(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com