Jangan Lewatkan Santap Malam 'Culinary Meets Art', Sajian Lezat dengan Goresan Seni yang Indah

Maya Safira - detikFood Rabu, 26 Agu 2015 18:28 WIB
Foto: The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place
Jakarta -

Tidak hanya kanvas yang bisa diberi goresan-goresan cantik. Piring pun dapat menjadi media untuk "melukis" makanan dengan indah. Inilah yang akan ditampilkan Chef Yann Bernard Lejard di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.

Tampilan hidangan mampu menimbulkan ketertarikan untuk menyantapnya. Seperti sajian tak biasa buatan Chef Yann dari The Ritz-Carlton, Bahrain Hotel & Spa. Ia memadukan kelezatan makanan dengan seni aneka warna yang memuaskan mulut sekaligus mata.

Karya seni di atas piring kini bisa Anda rasakan langsung dalam satu malam. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place akan mengadakan santap malam istimewa 'Culinary Meets Art' pada Kamis, 27 Agustus 2015.

Bertempat di Pacific Restaurant, lima ​hidangan​ penuh guratan seni memukau langsung disiapkan oleh chef Yann. Wine yang sesuai untuk tiap hidangan akan jadi pendampingnya.

Dalam temu media (25/05), diperkenalkan sajian buatan chef kelahiran Prancis itu. Sebagai pembuka, ada amuse bouche pilihan chef berupa Beef Ribs Foie Gras Bam Bam. Daging lembut berbalut tepung panir goreng disajikan bersama saus truffle kecokelatan yang gurih sedikit asam. Uniknya, daging ditempatkan di atas susunan tiga buah batu kecil.

Masih dalam kategori amuse bouche, tersaji Sweet Corn with Parmesan Foam dengan citarasa gurih manis. Pemakaian bubuk cabai memberi hentakan pedas yang samar-samar. Sajian mirip sup krim jamur ini dihidangkan dalam gelas cocktail.

Rigatoni/Timbale/Egg Soft/Truffle jadi menu selanjutnya. Pasta rigatoni disusun melingkar dengan perekat dari chicken mousse. Bagian dalam lingkaran pasta diisi saus jamur, potongan jamur, dan poached egg. Sedangkan permukaa​n​ atasnya diberi white truffle foam dan irisan black truffle. Rasa dan aroma truffle begitu mendominasi hidangan.

Sajian utama lainnya adalah Blanquette/Grouper/Aparagus Turnip/Foam. Ikan ​kerapu​ kukus diberi guyuran blanquette (saus krim putih khas Prancis) yang bercitarasa gurih dan agak beraroma mentega. Sajian ini diberi pelengkap celeriac puree, tumisan sayuran dan basil foam.

Sebelum menyajikan hidangan penutup, chef yang bisa melukis ini langsung memperagakan pembuatan karya seni kulinernya. Awalnya ia menuangkan blueberry syrup, golden syrup dan simple syrup ke atas tiap piring. Proses penuangan dilakukannya sesuka hati.

"Saya senang membuat plating berbeda-beda," ucap chef yang pernah bekerja di beberapa restoran berbintang Michelin ini, sambil menuang saus.

Baru kemudian ia menyusun garnish dari gerusan pistachio, raspberry, irisan blueberry, dan bunga yang dapat dimakan. Molten chocolate pudding ditempatkan terakhir bersama sorbet blueberry. Dessert Chocolate/72%/Molten/Purple Berry/Sorbet dengan lelahan cokelat tersebut punya rasa manis yang pas. Keseimbangan rasa pun didapat dari sentuhan asam segar buah-buahan.

Tertarik mencicipi kreasi Chef Yann sambil mengagumi bakat seninya? Harga santap malam istimewa mulai dari Rp 1.500.000++/orang (termasuk wine pairing). Untuk reservasi, Anda bisa menghubungi (021) 2550 1993.

Chef Yann juga akan membuat restoran pop-up pada 28-30 Agustus 2015 dalam Bazaar Art Jakarta 2015. YBL Restaurant mengambil tempat di The Ritz-Carlton Ballroom, lantai 4.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com