Oishii! Sushi Cupcake, Sushi Terbaru dari Jepang

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Senin, 24 Agu 2015 14:21 WIB
Foto: Youtube, Bustle Foto: Youtube, Bustle
Jakarta - Sushi, makanan khas negeri sakura ini​ umumnya disajikan dalam bentuk gulungan atau dibentuk dengan tangan. Kali ini sushi dihadirkan dengan sentuhan tren pasrtry. Berbentuk cupcake dengan mangkuk nori yang bisa dimakan. Seperti apa ya rasanya?

Sebenarnya, isiannya sama saja. Ada nasi, ​isian berupa udang, daging salmon, atau telur ikan, dan wasabi. Namun, bentuknya bulat dan lebih kecil, seperti temarisushi. ​Uniknya​, sushi cupcake ini bukan ditaruh di dalam​ mangkuk ​kertas, tapi mangkuk yang​ terbuat dari nori atau rumput laut, jadi bisa ikut dimakan.

Salah satunya yang menjadi tren di Jepang adalah sushi cupcake dari channel Mosogourmet yang ditayangkan ​di Youtube. Video pembuatan sushi cupcake telah diunggah sejak 12 Juli 2015 dan sudah dilihat oleh lebih dari 300.000 orang. Dalam video ini, Mosogourmet memperlihatkan ​cara membuat sushi cupcake. Ternyata, cara membuatnya tidak​ terlalu rumit​.

Pertama, video ini menunjukkan kemasan yang berisi mangkuk kue dari nori. Di tempat lain, mereka menyiapkan nasi yang diambil dengan skop es krim, sedikit wasabi, dan daging taburan. Nasi yang berbentuk bulat ini kemudian dirapikan dengan plastik dan dibentuk bulat sempurna.

Butuh kesabaran, waktu, dan teknik tersendiri dalam merapikan sushi ini. Membulatkan sushi sampai bulat sempurna juga tergantung dengan taburan sushi yang dipakai. Setelah dirasa sudah bulat, plastik dibuka kembali.

Kemudian, sushi ditaruh di dalam mangkuk nori. Dalam video ini, sushi dilumuri dengan soy sauce foam, yang juga sedang tren di Jepang. Dengan begini, sushi dan wadahnya bisa dimakan sekaligus.

Anda yang ingin mencoba membuatnya bisa melihat judul videonya di Youtube yang berjudul “Temarizushi Cupcakes and Soy Sauce Foam Espuma”. Unik dan menggemaskan, sushi ini bisa jadi hidangan keluarga.

(tan/odi)